Robot Tempur Mirip Manusia Ini Bakal Jadi Kenyataan

Author: Shconer Design // Category:
detail berita
Ilustrasi cyborg (Foto: Watoday)

MOSCOW - Cyborg atau cybernetic organism banyak ditampilkan dalam film layar lebar. Tampil dengan bentuknya yang menyerupai manusia, robot yang biasanya ada dalam kisah fiksi ilmiah tersebut kabarnya akan dibuat versi sungguhan.

Dilansir Watoday, Selasa (2/4/2013), cyborg merupakan makhluk yang merupakan perpaduan manusia dan mesin. Kini, miliarder asal Rusia ingin agar cyborg yang sebenarnya bisa beraksi dalam dunia nyata.

Dmitry Itskov sangat serius untuk membuat "manusia abadi" dengan melibatkan teknologi canggih dan mesin. Dmitry kabarnya telah merencanakan idenya sejak 2011.

Digital Trends melaporkan, tujuan akhir dari proyek pengembangan robot ini ialah mentransfer pemikiran seseorang dari ide ke dalam sebuah mesin. Langkah awal yang dilakukan Dmitry ialah memetakan beberapa langkah kunci.

Rencana pertama, yang dinamakan Avatar A, melibatkan orang yang mengendalikan replika robot manusia melalui sebuah brain-machine interface (BMI). Batas waktu pekerjaan tersebut ditetapkan untuk tahun 2020.

Selanjutnya rencana Avatar B, di mana pada 2025 akan dilakukan pencangkokan otak manusia ke dalam tubuh buatan. Dmitry  juga akan melakukan rencana Avatar C pada 2035, di mana ia akan melibatkan transplantasi otak manusia-mesin.

Untuk mencapai langkah tersebut, maka diperlukan model komputer dari kesadaran manusia. Kemudian di 2045, Dmitry berharap rencana atau Initiative yang dilakukannya akan mendapatkan pelajaran yang cukup tentang pikiran manusia dan cyborg tersebut benar-benar bisa muncul dalam wujud nyata.

Kedengarannya agak menakutkan, di mana Dmity juga bertujuan untuk mengubah manusia menjadi sesuatu yang baru dan abadi. "Kami percaya mungkin degan hadirnya robot ini, akan menghilangkan penuaan dan bahkan kematian serta untuk mengatasi batas-batas dasar kemampuan fisik dan mental," jelasnya. (fmh)


Sumber : http://techno.okezone.com/read/2013/04/02/56/785059/robot-tempur-mirip-manusia-ini-bakal-jadi-kenyataan

0 Responses to "Robot Tempur Mirip Manusia Ini Bakal Jadi Kenyataan"

Post a Comment