'Melek' Edukasi Digital Demi Mimpi Bandung Smart City

Author: Shconer Design // Category:
Bandung - Perkembangan teknologi informasi terus bergulir. Kondisi tersebut secara tak langsung menuntut dunia pendidikan berinovasi mengakomodasi kebutuhan para siswa. Salah satunya pemanfaatan online dan mobile learning.

Tercetuslah suatu konsep bertajuk 'Bandung Awan Pengetahuan' atau BAP yang digagas Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK) Institut Teknologi Bandung (ITB) bersama sekelompok anak muda kreatif berlabel Goesmart. Edukasi serba digital siap ditancapkan guna berkontribusi dalam pendidikan berkualitas di kota Bandung.

"Kami ingin bersama-sama membangun generasi cerdas dan produktif untuk menuju Bandung Smart City," ucap Ketua LPIK ITB Prof.Dr. Suhono Harso Supangkat saat membuka obrolan santai di Kartika Sari, Jalan Ir.H.Djuanda, Bandung, Kamis (25/4/2013).

Suhono menyebutkan, poin utama e-learning dan mobile learning selain pengembangan platform aplikasinya ialah kebutuhan materi digital berkualitas.

Materi digital itu bisa berupa materi tertulis, soal, dan pembahasan maupun video penjelasan yang intinya berfungsi membantu siswa memahami pelajaran sekolah. Namun kenyataannya, materi digital berbahasa Indonesia yang ada terbilang minim memenuhi seluruh pembelajaran siswa dan guru.

"Berangkat dari kondisi tersebut, diperlukan inisiasi yang bisa mendorong bertambahnya jumlah dan kualitas materi pendidikan digital berbahasa Indonesia. Pendekatan ke guru merupakan langkah yang harus dilakukan pertama kali. Karena guru sumber materi utama dalam proses kegitan belajar mengajar," tuturnya.

Menurut Suhono, pengetahuan TIK dan internet menjadi satu kompetensi mutlak dimiliki guru guna menciptakan anak didiknya berkualitas. Agar format edukasi digital di Bandung terealisasi, guru-guru mesti ditempa pelatihan TIK dan pembuatan materi digital.

Goesmart yang diawaki 16 anak muda dari berbagai pergurian tinggi di kota Bandung siap berbagi ilmu secara gratis bagi guru-guru lewat kegiatan BAP. Goesmart merupakan tenant LPIK ITB.

Kegiatan BAP sudah dimulai 27 Maret 2013 lalu. Rangkaian kegiatan berupa lomba seperti pembuatan konten digital bahan ajar, blog pendidikan, cerdas cermat digital, mading digital, dan game edukasi. Selain itu, ada pula workshop bagi guru.

Acara puncak BAP pada 8 Mei 2013 digelar di Sabuga Bandung. Rangkaian kegiatan nanti diisi antara lain talkshow pendidikan, hiburan, dan diskusi bertema 'Menginovasi Kota Bandung' yang rencananya mengundang para calon walikota Bandung sebagai panelis. Event tersebut hasil kerja bareng Dinas Pendidikan Kota Bandung dan Telkom serta LPIK ITB.

"Adanya kegiatan ini diharapkan sebagai bentuk mewujudkan Smart City Bandung, serta bisa meningkatkan akses siswa dan guru terhadap konten-konten e-learning melalui internet. Kegiatan ini pun merupakan langkah maju dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya kota Bandung," Suhono menandaskan.

(bbn/ash)
Sumber : http://inet.detik.com/read/2013/04/25/165451/2230548/398/melek-edukasi-digital-demi-mimpi-bandung-smart-city

0 Responses to "'Melek' Edukasi Digital Demi Mimpi Bandung Smart City"

Post a Comment