Teknologi NXP Dukung Industri Kartu Cerdas di Indonesia

Author: Shconer Design // Category:
detail berita
(Foto: NXP)

JAKARTA - Proyek eKTP adalah salah satu implementasi kartu identitas elektronik (eID) nasional yang terbesar di dunia yang sudah diluncurkan sejak 2011. Untuk itu salah satu perusahaan asing yang bertanggung jawab, NXP Semiconductors N.V. mengumumkan bahwa saat ini sudah hampir merampungkan 172 juta chip yang dipasok untuk proyek eKTP Indonesia.

Kartu-kartu eKTP berjumlah sekira 172 juta ini merupakan bagian dari sistem eID lengkap multi aplikasi berskala nasional yang terdiri dari solusi pengambilan data, server, penyimpanan data, penyocokan biometrik dan kartu cerdas, serta berbagai solusi infrastruktur dan jaringan.

Berdasarkan siaran pers yang diterima Okezone, Kamis (25/4/2013) upaya teknologi terdepan yang dibawa oleh pemimpin pasar internasional seperti NXP ke dalam proyek ini, mendorong pertumbuhan kuat di industri kartu cerdas dan biometrik dalam negeri. Oleh karena itu, proyek eKTP terbukti menjadi investasi berharga dari dana pemerintah untuk ekonomi dalam negeri.

Beberapa keunggulan eKTP diantaranya dapat menjadi bukti dasar identitas warga negara, membuka rekening bank, mendapat dokumen pemerintahan seperti akte kelahiran, mendaftar kepemilikan kendaraan dan masih banyak lagi. Selain itu, dengan mematuhi struktur ICAO LDS-9303, kartu cerdas eKTP juga bisa digunakan sebagai dokumen perjalanan internasional jika Indonesia memiliki kesepakatan mengenai hal ini dengan negara-negara tetangga.

“Memanfaatkan IC yang bekerja tanpa sentuhan sama sekali, pemerintah memiliki fungsionalitas multi aplikasi dalam ujung tombak strateginya. Di masa yang akan datang, ABI Research berharap pemerintah Indonesia bisa lebih memperluas dan meningkatkan kemampuannya untuk merangkul warga negara dengan layanan-layanan e-government yang dibangun berbasis kesuksesannya hingga saat ini,” kata Industry Analyst, ABI Research, Phil Sealy.
(amr)


Sumber : http://techno.okezone.com/read/2013/04/25/325/797693/teknologi-nxp-dukung-industri-kartu-cerdas-di-indonesia

0 Responses to "Teknologi NXP Dukung Industri Kartu Cerdas di Indonesia"

Post a Comment