Pertama Kali, Smartphone Berhasil Ungguli Feature Phone

Author: Shconer Design // Category:
detail berita
Capture hasil riset IDC

CALIFORNIA - Smartphone semakin tumbuh dan hal ini terlihat dari data terbaru yang dirilis perusahaan riset International Data Corporation (IDC). Berdasarkan data IDC, pengapalan smartphone berhasil mengungguli feature phone untuk pertama kalinya.
 
Dilansir dari Neowin, Minggu (28/4/2013), pengiriman ponsel pada Q1 2013 mencapai 418,6 juta unit, naik dari 402,4 juta unit pada Q1 2012. Data yang dikupulkan IDC menunjukkan bahwa vendor smartphone telah mengapalkan 216,2 juta unit pada kuartal pertama tahun ini. Artinya, smartphone menguasai lebih dari 50 persen pengapalan ponsel untuk pertama kalinya.
 
Jika berbicara soal vendor mana yang saat ini memimpin pasar ponsel, termasuk smartphone dan feature phone, maka jawabannya adalah Samsung. Sementara posisi lima besar lainnya secara berturut-turut ditempati oleh Nokia, Apple, LG, dan ZTE.
 
Secara khusus untuk pasar smartphone, Samsung memimpin dengan 32,7 persen, diikuti Apple 17,3 persen, LG 4,8 persen, Huawei 4,6 persen, dan ZTE dengan pangsa pasar 4,2 persen.
 
"Pengguna ponsel menginginkan komputer di kantong mereka. Saat ini merupakan era di mana kegunaan utama ponsel ialah untuk menelefon, sedangkan pesan teks dengan cepat memudar. Akibatnya, keseimbangan kekuatan smartphone telah bergeser ke produsen ponsel  yang menjadi lebih bergantung pada smartphone," tutur analis senior Worldwide Quarterly Mobile Phone IDC, Kevin Restivo.
 
IDC juga menilai, tren utama lain alasan smartphone berhasil menggusur feature phone karena munculnya sejumlah perusahaan China di antara vendor smartphone terkemuka saat ini.
 
"Satu tahun lalu, kami biasa melihat pemimpin pasar seperti Nokia, BlackBerry (kini RIM), dan HTC di posisi lima besar. Sementara perusahaan-perusahaan itu mengalami berbagai tahap transformasi, vendor China termasuk Huawei, ZTE, Coolpad, dan Lenovo, telah membuat langkah signifikan untuk mendapatkan pengguna baru dengan smartphone Android masing-masing," jelas Manajer Riset tim Mobile Phone IDC, Ramon Llamas.
(adl)


Sumber : http://techno.okezone.com/read/2013/04/27/57/798639/pertama-kali-smartphone-berhasil-ungguli-feature-phone

0 Responses to "Pertama Kali, Smartphone Berhasil Ungguli Feature Phone"

Post a Comment