Astronom Tangkap Foto Pembentukan Planet Alien

Author: Shconer Design // Category:
detail berita
(Foto: Foxnews)

SANTIAGO - Astronom baru-baru ini menangkap foto pembentukan planet alien (asing). Dalam sebuah foto yang ditangkap peneliti melalui European Southern Observatory's Very Large Telescope di Chili, menunjukkan proses terbentuknya planet di luar angkasa.

Dilansir Foxnews, Minggu (28/4/2013), tertangkap foto sebuah planet dalam sebuah cakram gas dan debu di sekitar bintang muda dengan kode nama HD 100546. Ilmuwan mengatakan, objek ini tampil sebagai "bayi" planet gas raskasa, yang serupa dengan Jupiter.

"Sejauh ini, formasi planet menjadi topik yang ditangani oleh simulasi planet," kata astronom Sascha Quanz dari ETH Zurich di Swiss. Ia mengatakan, penemuan foto pertama dari pembentukan planet ini bisa menjadi bahan penelitian terkait studi tentang proses formasi planet dan interaksi dari pembentukan planet.

Bintang HD 100546, yang berjarak 335 tahun cahaya dari Bumi, telah menjadi induk dari planet raksasa lainnya. Planet ini mengorbit bintangnya sekira enam kali lipat lebih jauh ketimbang Bumi.

Penelitian ini kabarnya bisa memberikan wawasan baru bagaimana pembentukan planet dan bintang. Bintang dapat terbentuk dalam awas gas dan debu. Kemudian, proses berikutnya bisa melahirkan planet yang berada di sekitar bintang tersebut.

Foto ini mengungkapkan struktur dalam cakram di sekitar bintang yang dapat disebabkan oleh interaksi antara material dan pembentukan planet. Data ini juga menyarankan bahwa material di sekitar planet muda ini menjadi memanas, yang sesuai dengan hipotesis peneliti mengenai pembentukan planet. (fmh)


Sumber : http://techno.okezone.com/read/2013/04/28/56/798773/astronom-tangkap-foto-pembentukan-planet-alien

0 Responses to "Astronom Tangkap Foto Pembentukan Planet Alien"

Post a Comment