Facebook Bantu Peneliti Pantau Tingkat Obesitas Warga

Author: Shconer Design // Category:
detail berita
Facebook (Foto: Mashable)

CALIFORNIA - Penelti dari Boston Children's Hospital's Informatics Program (CHIP) memanfaatkan jejaring sosial, Facebook untuk mengetahui berapa banyak jumlah pengidap obesitas pada suatu area tertentu. Penelitian yang diterbitkan pada jurnal PLOS ONE ini mengungkap kaitan antara penggunaan Facebook dengan tingkat obesitas warga di suatu wilayah.

Dilansir Sciencedaily, Kamis (25/4/2013), pengetahuan terkait ketertarikan orang pada internet dalam wilayah geografis dapat membantu para peneliti kesehatan masyarakat untuk memprediksi, melacak dan memetakan tingkat obesitas. Dengan demikian, peneliti bisa melakukan upaya untuk mengurangi tingkat obesitas di wilayah tertentu.

Jumlah data yang tersedia dari jaringan sosial seperti Facebook dinilai bisa mengefisienkan biaya penelitian. Media sosial buatan Mark Zuckerberg ini juga bisa membantu peneliti melakukan pengamatan lebih dalam terkait dampak lingkungan masyarakat pada kondisi obesitas.

"Jaringan sosial online seperti Facebook menunjukkan nilai tinggi, aliran data berbiaya murah untuk melihat kesehatan di tingkat populasi," ujar peneliti Brownstein, yang menjalankan Computational Epidemiology Group dalam CHIP.

Ia mengatakan, korelasi yang kuat antara ketertarikan orang pengguna Facebook dan data obesitas menunjukkan bahwa analisis jaringan sosial ini bisa membantu menghasilkan perkiraan secara langsung dari tingkat obesitas di daerah.

Menurutnya, dengan penelitian ini juga bisa membantu untuk melancarkan kampanye kesehatan masyarakat untuk perubahan perilaku hidup sehat. Setelah itu, peneliti bisa menilai sampai di mana tingkat keberhasil dari kampanye tersebut.

Untuk mengaitkan antara penggunaan Facebook dan obesitas, peneliti memperoleh data dari apa yang diposting oleh pengguna. Tidak hanya itu, peneliti mengamati apa yang di sukai (like) dan share dengan rekan lainnya di Facebook.

Peneliti membatasi penelitian untuk pengguna Facebook di tingkat nasional serta pengguna yang merupakan penduduk di New York City, Amerika Serikat. (fmh)


Sumber : http://techno.okezone.com/read/2013/04/25/55/797409/facebook-bantu-peneliti-pantau-tingkat-obesitas-warga

0 Responses to "Facebook Bantu Peneliti Pantau Tingkat Obesitas Warga"

Post a Comment