Bakteri E. coli Bisa Hasilkan Bahan Bakar Biofuel

Author: Shconer Design // Category:
detail berita
Bakteri E. coli (Foto: SlashGear)

NEW YORK – Bahan bakar hayati atau biofuel bukanlah hal atau ide baru di dunia ini. Tetapi, selama bertahun-tahun lalu belum ada bahan bakar pengganti bensin. Kini, peneliti telah mampu mengembangkan biofuel pertama di dunia yang ramah mesin dan memiliki komposisi sama seperti bensin.

Permasalahan yang sering dijumpai pada biofuel adalah rantai karbon dalam kandungannya berbeda dengan bensin. Meskipun sebagian besar dapat digunakan untuk menjalankan mesin kendaraan, tetapi performa biofuel tidak sebaik bensin. Demikian dilansir Slashgear, Kamis (25/4/2013).

Akibatnya dapat menimbulkan permasalahan, seperti kekurangan gas mileage dan terjadi korosi mesin. Selain itu, keterbatasan sumber daya bahan biofuel juga membuat banyak pihak berhenti memproduksi dan beralih ke bahan bakar ramah mesin ini.

Melihat ini, seorang peneliti dari University Exeter di Inggris, John Love membuat suatu terobosan terkait biofuel. Ia melakukan percobaan biofuel dengan menggunakan bakteri Escherichia coli (E. coli). DNA dari bakteri E. coli dicampur dengan gen bakteri lainnya yang ada di dalam tanah, pohon kamper dan ganggang biru atau hijau. Kemudian bakteri tersebut diberi gula, sehingga menjadi enzim.

Setelah itu, enzim dari bakteri E. coli akan diubah menjadi asam lemak yang sebelum menjadi hidrokarbon. Hasilnya menunjukkan bahwa komposisi hidrokarbon yang dihasilkan sama dengan hidrokarbon yang ada pada kandungan bensin.

“Ini merupakan penemuan komposisi biofuel yang pertama kali sama dengan komposisi senyawa bensin. Tentu hal ini dapat dijadikan solusi penggunaan biofuel yang diproduksi secara massal untuk masa depan,” tutup John. (amr)


Sumber : http://techno.okezone.com/read/2013/04/25/56/797484/bakteri-e-coli-bisa-hasilkan-bahan-bakar-biofuel

0 Responses to "Bakteri E. coli Bisa Hasilkan Bahan Bakar Biofuel"

Post a Comment