Spesies Kuda Laut Langka Ini Dipamerkan

Author: Shconer Design // Category:
detail berita
(Foto: NewIndianExpress)

NEW DELHI – Sebuah spesimen (spesies) kuda laut kering, Guttulatus Hippocampus dengan panjang sembilan inci dipamerkan di museum.

Dilansir NewIndianExpress, Senin (2/4/2013), banyak pengunjung museum pemerintah di tengah kota yang penasaran untuk melihat spesimen kuda laut ini. Pengunjung dapat melihat spesimen yang diselenggarakan oleh staf Zoologi Museum sampai akhir pekan ini.

Staf bagian Zoologi pada museum tersebut menyatakan, spesimen kering secara berkala dibersihkan dan senantiasa dipernis. Hal itu dilakukan agar warna spesimen tidak memudar selama beberapa periode waktu tertentu.

Seorang kurator di museum tersebut mengatakan bahwa ada lebih dari 40 jenis kuda laut di seluruh dunia. Diantaranya terdapat lebih dari delapan varietas di Teluk Mannar, India.

Umumnya ukuran kuda laut bervariasi dari satu inci sampan dengan 14 inci. Selama musim kawin kuda laut jantan akan mengmpulkan telur yang diletakkan oleh kuda laut betina dalam sebuah kantong di dada mereka. Setelah melalui tahap inkubasi tersebut, telut-telur tersebut baru dilepaskan dari induknya.

“Tubuh mereka ditutupi secara alami oleh perisai atau lapisan pelindung khusus yang pada waktunya akan tertutup oleh kulit lembut. Mereka juga tidak memiliki gigi,” jelasnya.

Saat ini banyak sekali penangkapan kuda laut untuk diselundupkan. Sebab, selama ini tubuh kuda laut dipercaya memiliki khasiat sebagai obat.
(amr)


Sumber : http://techno.okezone.com/read/2013/04/02/56/785072/spesies-kuda-laut-langka-ini-dipamerkan

0 Responses to "Spesies Kuda Laut Langka Ini Dipamerkan"

Post a Comment