Internetan di Pesawat Lion Air Masih Tersangkut Regulasi

Author: Shconer Design // Category:
detail berita
ilustrasi

JAKARTA - Setelah Garuda, giliran maskapai penerbangan lain yaitu Lion Air yang berhasrat menghadirkan akses komunikasi untuk penumpang di dalam pesawat. Sayangnya, dalam waktu dekat ini masih belum bisa dipastikan realisasi rencana tersebut, karena masih menanti restu dari regulator.

Lion Air bekerjasama dengan Telkomsel untuk menghadirkan solusi in flight communications yang memungkinkan pengguna mengakses internet di pesawat. Namun, baik Lion Air atau Telkomsel belum bisa memastikan realisasi layanan komunikasi udara tersebut.

"Mengenai kapan target realisasinya, itu akan kita lihat sambil kerjasama ini berjalan," tutur Direktur Sales Telkomsel Mas'ud Khamid, dalam acara Penandatangan Perjanjian Kerjasama Telkomsel dan Lion Air di Jakarta, Rabu (10/4/2013).

"Kita juga harus memastikan implementasi rencana ini tidak melanggar regulasi masing-masing, karena harus sesuai dengan standar regulasi telekomunikasi dan regulasi soal penerbangan," sambungnya.

Disamping berencana menghadirkan layanan sistem komunikasi di udara, Telkomsel sendiri sudah menghadirkan layanan komunikasi di darat dan laut (kapal perintis). Namun menurut Mas'ud, meski komunikasi di udara dan laut sama-sama menggunakan jaringan radio, tapi di udara kompleksitasnya jauh lebih rumit.

"Ini bukan hal mudah, tapi bukan tidak mungkin karena teknologi itu sudah memungkinkan," tuturnya.

Senada dengan Mas'ud, Direktur Utama Lion Air Rusdi Kirana mengatakan bahwa implementasi akses internet di pesawat Lion Air masih menunggu proses regulasinya selesai. Di luar regulasi, kata Rusdi, persiapan teknis untuk implementasi rencana kedua perusahaan itu sudah siap.

"Kita sedang menunggu proses perizinannya. Kalau secara teknisnya, pesawat kami sudah dimodif dan bisa menggunakan WiFi. Saat ini, tinggal menunggu pihak telkomsel yang memproses perizinannya. Jadi nanti saat izinnya sudah keluar, teknisnya bisa langsung jalan," jelas Rusdi.

Diungkapkan Rusdi, nantinya bukan hanya pesawat-pesawat baru yang akan mendukung sistem layanan komunikasi di udara, tapi juga pesawat-pesawat Lion Air yang telah ada sebelumnya. (amr)


Sumber : http://techno.okezone.com/read/2013/04/10/54/789347/internetan-di-pesawat-lion-air-masih-tersangkut-regulasi

0 Responses to "Internetan di Pesawat Lion Air Masih Tersangkut Regulasi"

Post a Comment