Ilmuwan Ungkap Evolusi Burung dari Telur Dinosaurus

Author: Shconer Design // Category:
detail berita
(Foto: Physorg)

CALIFORNIA - Telur dinosaurus pemakan daging diteliti oleh peneliti dari University of Calgary yang bekerjasama dengan peneliti dari Montana State University. Mereka mengungkapkan, cara menetas telur dinosaurus Troodon persis seperti burung pada umumnya.

Dilansir Machineslikeus, Jumat (19/4/2013), peneliti menemukan bahwa dinosaurus juga melakukan cara yang sama seperti yang dilakukan burung. Ini bisa menunjukkan informasi baru mengenai hubungan kekerabatan antara dinosaurus dengan burung.

Ilmuwan selama ini masih mencari tahu bagaimana dinosaurus menetaskan bayinya. Dugaan sebelumnya seperti telur yang dikubur dalam sebuah sarang, persis buaya atau telur yang ditetaskan di sarang terbuka, persis burung dengan cara mengerami telurnya.

Fosil telur yang ditemukan di Alberta dan Montana, Darla Zelenitsky di University of Calgary serta David Varricchio di Montana State University meneliti cangkang dari telur fosil dinosaurus, Troodon.

Dalam laporan yang diterbitkan di jurnal Paleobiology, mengungkap bahwa spesies dinosaurus ini dikenal sebagai dinosaurus yang meletakan telurnya dalam posisi hampir vertikal. Dinosaurus ini hanya mengubur bagian bawah telur dinosaurus dalam lumpur.

"Berdasarkan perhitungan kami, kulit telur dari Troodon sangat mirip dengan burung pengeram. Dinosaurus ini tidak benar-benar mengubur telur dalam bahan bersarang seperti yang dilakukan buaya," jelas Zelenitsky. (fmh)


Sumber : http://techno.okezone.com/read/2013/04/19/56/794455/ilmuwan-ungkap-evolusi-burung-dari-telur-dinosaurus

0 Responses to "Ilmuwan Ungkap Evolusi Burung dari Telur Dinosaurus"

Post a Comment