Telkomsel Gandeng Lion Air Suguhkan Komunikasi di Udara

Author: Shconer Design // Category:
detail berita
Perjanjian kerjasama antara Telkomsel-Lion Air (foto: Andina/Okezone)

JAKARTA - Telkomsel bersiap melebarkan sayap layanan sistem komunikasinya di udara. Terkini, operator telekomunikasi seluler itu bekerjasama dengan maskapai penerbangan Lion Air untuk menyuguhkan beragam layanan termasuk sistem komunikasi di udara.

Diungkapkan Direktur Sales Telkomsel Mas'ud Khamid, jika nanti sistem komunikasi di armada Lion Air telah diimplementasikan maka para penumpang bisa menikmati sinyal Telkomsel. Artinya, para penumpang yang ada di pesawat akan bisa terhubung dengan internet.

 "Jadi dengan kerjasama ini, ketika di dalam pesawat kita bisa menawarkan berbagai layanan Telkomsel, sehingga ada sinyal Telkomsel di dalamnya," jelas Mas'ud dalam acara Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Telkomsel dengan Lion Air, di Jakarta, Rabu (10/4/2013).

Namun Mas'ud belum bisa memastikan kapan solusi in flight communication itu akan diimplementasikan di armada Lion Air dan melalui WiFi atau sinyal langsung ke handset.

Sambil menunggu realisasi komunikasi di udara itu, untuk tahap awal Telkomsel akan menggelar layanan-layanan dasar seperti menjual voucher di pesawat untuk penumpang domestik atau dari luar negeri.

"Untuk triwulan ini kami akan mulai yang dasar-dasar dahulu karena untuk implementasi teknologi komunikasi di pesawat bukan hal yang mudah. Tapi bukan berarti hal itu tidak mungkin karena teknologi itu sudah memungkinkan," jelas Mas'ud.

"Konektivitas di dalam pesawat, apakah WiFi atau direct langsung ke handset itu hanya persoalan teknis yang bisa diatasi. Tapi yang terpenting harus sesuai dengan standar regulasi telekomunikasi dan regulasi penerbangan," lanjutnya.

Sebagai catatan, Telkomsel juga mendukung operasional bisnis Lion Air dengan berbagai layanan Corporate Business Solutions, diantaranya Halo Corporate, push mail BlackBerry, Mobile VPN, Telkomsel Flash, dan Bulk Data Package.

Adapun Direktur Utama Lion Air  Rusdi Kirana, mengatakan bahwa penambahan jumlah pelanggan bukan menjadi latar belakang terkait kerjasama dengan Telkomsel. Sebaliknya, karena ingin memberikan kenyamanan bagi penumpang agar bisa terhubung lebih mudah di pesawat, salah satunya bisa terkoneksi internet.

"Target penambahan pelanggan bukan alasan utama kerjasama ini, tapi lebih tentang kenyamanan penumpang. Nantinya pesawat kami yang baru dan lama juga akan ada itu (layanan sistem komunikasi udara). Saat ini kami sedang tunggu regulasinya, karena secara teknis pesawat-pesawat itu sudah dimodifikasi dan bisa mendukung WiFi," jelas Rusdi.
(amr)


Sumber : http://techno.okezone.com/read/2013/04/10/54/789257/telkomsel-gandeng-lion-air-suguhkan-komunikasi-di-udara

0 Responses to "Telkomsel Gandeng Lion Air Suguhkan Komunikasi di Udara"

Post a Comment