Andi Arief: Setelah Gunung Padang, Fokus ke Sadahurip

Author: Shconer Design // Category:
Gunung Sadahurip Garut
Gunung Sadahurip Garut (Turangga Seta)
VIVAnews - Hasil riset di Gunung Padang, Cianjur, sudah memastikan ada bangunan megah tersembunyi di balik timbunan tanah. Staf Khusus Presiden bidang Bencana dan Bantuan Sosial, Andi Arief, yang membentuk Tim Peneliti Katastrofi Purba menyatakan, riset di Gunung Padang dihentikan untuk selanjutnya dilakukan ekskavasi. Riset selanjutnya difokuskan di Gunung Sadahurip di Garut, Jawa Barat.

"Keberhasilan kalibrasi di Bukit Dago Pakar dan Gunung Padang menjadikan alasan yang kuat untuk tim terpadu riset mandiri (terutama tim geologi untuk melanjutkan langkah-langkah scientific pembuktian adanya bangunan di bawah permukaan Gunung Sadahurip," kata Andi Arief dalam siaran pers yang diterima VIVAnews, Selasa 2 April 2013.

Andi Arief mengingatkan, hasil pertemuan di Gedung Kridha Bakti, Jakarta, pada 7 Februari 2012, adalah fokus utama pada pembuktian ada atau tidaknya bangunan di bawah permukaan Sadahurip. Di Sadahurip pula pertama kalinya riset dilakukan dengan menggunakan alat-alat geofisika, foto satelit dan interferometric synthetic aperture radar (IfSAR).

"Sebelum melakukan pengeboran di Gunung Sadahurip, tim harus menguji dan melakukan perbandingan atau yang sering disebut melakukan kalibrasi survei georadar dan geolistrik," kata Andi. Data ini lalu dibandingkan dengan survei pemindaian di dua tempat yaitu Bukit Dago Pakar dan Gunung Padang yang dalam beberapa hal hasilnya tidak terlalu berbeda dengan Gunung Sadahurip.

Kalibrasi geolistrik berhasil dilakukan di atas gua Jepang Bukit Dago Pakar. Gua-gua ini terlihat sebagai tubuh dengan nilai resistivitas sangat tinggi (30.000 - 50.000 Ohm). Sementara di Gunung Padang berhasil melakukan kalibrasi tubuh high resistivity yang terlihat di geolistrik adalah rongga yang di lokasi Bor-2 rongga ini sebagian terisi oleh pasir 'ayakan' yang sangat kering. (umi)

Sumber : http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/401948-andi-arief--setelah-gunung-padang--fokus-ke-sadahurip

0 Responses to "Andi Arief: Setelah Gunung Padang, Fokus ke Sadahurip"

Post a Comment