Smartphone Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Author: Shconer Design // Category:
detail berita
Ilustrasi (Foto: Leeds)

WEST YORKSHIRE – Para ilmuwan dari University of Leeds, Inggris, menyatakan smartphone dapat menjadi kunci sukses seseorang untuk menurunkan berat badan. Tim peneliti menciptakan aplikasi My Mate Meal untuk memantau asupan makanan orang yang ingin menurunkan berat badannya.

My Meal Mate memungkinkan penggunanya untuk memantau kalori dari setiap asupan makanan dan latihan olahraganya, menetapkan target penurunan berat badan, dan mengirim update progres secara mingguan melalui pesan teks. Demikian disitat ScienceDaily, Selasa (16/4/2013).

Penelitian dilakukan terhadap 128 relawan yang memiliki kelebihan berat badan (obesitas) selama enam bulan. Kemudian mereka dibagi dalam tiga kelompok dengan masing-masing kelompok menggunakan metode pemantauan yang berbeda.

Hasilnya, dengan menggunakan aplikasi ini di smartphone selama enam bulan, bobotnya turun mencapai 10 pounds atau sekira 4,4 kilogram. Seperti yang telah diterbitkan dalam Journal of Internet Medical Research.

“Teknologi smartphone bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas kesehatan seseorang. Umumnya orang tidak mengetahui berapa banyak kalori yang mereka konsumsi sehari-hari dan My Meal Mate ini benar-benar membantu pemantauan asupan makanan. Sehingga, dapat memberikan kontribusi dalam upaya penurunan berat badan,” kata pimpinan proyek tersebut, Profesor Janet Cade dari Sekolah Ilmu Pangan dan Gizi.

Tidak seperti aplikasi smartphone lainnya, My Meal Mate adalah aplikasi gratis pertama yang memuat database makanan terlengkap di Inggris, yang membantu orang memantau asupan makanan dan menurunkan berat badan.

Sehingga, hal ini memungkinkan pengguna dapat memetakan kebiasaan konsumsi produk makanan dengan mudah. Selain itu, aplikasi ini juga menjadi aplikasi pemantau berat badan pertama yang dapat di-download di situs NHS Choices.

Aplikasi My Meal Mate saat ini tersedia untuk di-download di perangkat sistem Android. Dapat di-download langsung dari situs NHS Choices atau dari Google Play Store.
(amr)


Sumber : http://techno.okezone.com/read/2013/04/16/325/792298/smartphone-bisa-bantu-turunkan-berat-badan

0 Responses to "Smartphone Bisa Bantu Turunkan Berat Badan"

Post a Comment