Penanggalan Karbon Tentukan Usia Kalendar Suku Maya

Author: Shconer Design // Category:
detail berita
Kuil Suku Maya (Foto: Thehollywoodgossip)

GUATEMALA CITY - Penanggalan karbon yang dilakukan antropolog pada kuil Guatemala merupakan cara untuk menentukan ketepatan dari usia kalender suku Maya. Para ahli telah lama berselisih mengenai apakah kalender Maya berkolerasi dengan kalender Eropa.

Dilansir ABC, Jumat (12/4/2013), teks kuno dan ukiran dari kebudayaan Maya menggambarkan penguasa dan peristiwa besar. Atribut tanggal sesuai dengan sistem yang kompleks dilambangkan dengan titik dan bentuk tertentu, yang dikenal sebagai Long Count atau Hitungan Panjang.

"Kalender Long Count tidak digunakan sebelum penduduk Eropa melakukan kontak dalam area suku Maya," ungkap peneliti Douglas J Kennett dari Pennsylvania State University. Ia mengatakan, metode mengikatkan Long Count dengan kalender Eropa modern digunakan untuk peristiwa bersejarah dan astronomi.

"Akan tetapi, ketika melihat bagaimana iklim mempengaruhi naik turunnya Maya, saya mulai mempertanyakan seberapa akurat dua kalender berkolerasi dengan menggunakan metode tersebut," kata Kennett.

Penelitian yang diterbitkan dalam Scientific Reports mendukung hipotesis bahwa perubaan iklim memainkan peran penting dalam pengembangan dan hancurnya peradaban Maya. Kalender Long Count terdiri dari lima unit waktu: Bak'tun (144.000 hari), K'atun (7.200 hari), Tun (360 hari), Winal (20 hari) dan K'in (satu hari).

Wikipedia menerangkan, penanggalan karbon merupakan teknik yang menggunakan peluruhan karbon-14 untuk memperkirakan umur bahan organik. Bahan organik ini seperti kayu dan kulit, sampai dengan sekira 58 ribu sampai 62 ribu tahun.

Teknik ini diprakarsai oleh ilmuwan Willard Libby di 1949, di mana ia mendapatkan penghargaan Hadiah Nobel dalam bidang Kimia. Umumnya teknik ini juga digunakan untuk menentukan usia fosil makhluk hidup dan benda peninggalan bersejarah lainnya. (fmh)


Sumber : http://techno.okezone.com/read/2013/04/12/56/790363/penanggalan-karbon-tentukan-usia-kalendar-suku-maya

0 Responses to "Penanggalan Karbon Tentukan Usia Kalendar Suku Maya"

Post a Comment