Hubble Bidik Objek Bercahaya di Luar Angkasa

Author: Shconer Design // Category:
detail berita
(Foto: Wired)

CALIFORNIA - Objek yang merupakan daerah pembentuk bintang luar angkasa berhasil ditangkap teleskop Hubble. Teleskop Hubble menemukan objek paling dinamis dan rumit, yang terletak sejauh 210 ribu tahun cahaya dari satelit Small Magellanic Cloud (SMC).

Dilansir Wired, Senin (8/4/2013), di pusat area pembentuk bintang ini, terdapat kelompok bintang bernama NGC 346. Struktur dramatis ini membentuk lengkungan dan pola tak beraturan.

Terdapat deretan cahaya dari bintang panas di kelompok NGC 346 dan menciptakan fantasi debu dan gas. Pada gambar terlihat pula kerlip cahaya bintang serta kandungan gas yang terpencar membentuk warna ungu cerah dan kemerahan.

Pada pertengahan Februari lalu,  teleskop luar angkasa Hubble menangkap sepasang objek galaksi yang membentuk huruf V. Dua objek galaksi yang berbeda ini dikenal dengan nama IC 2184.

Wikipedia menerangkan, Hubble adalah sebuah teleskop luar angkasa yang berada di orbit bumi. Nama Hubble diambil dari nama ilmuwan terkenal Amerika, Edwin Hubble.

Hubble diluncurkan untuk pertama kalinya pada 25 April 1990. Teleskop ini memiliki ketebalan mencapai 13,1 meter, berdiameter 4,27 meter dan memiliki berat 11.000 kilogram. Ukuran Hubble hampir sama dengan sebuah bus sekolah. (fmh)


Sumber : http://techno.okezone.com/read/2013/04/08/56/787964/hubble-bidik-objek-bercahaya-di-luar-angkasa

Lihat Juga Halaman Berikut:

0 Responses to "Hubble Bidik Objek Bercahaya di Luar Angkasa"

Post a Comment