Google Bikin Aplikasi Pencarian Korban Bom Boston

Author: Shconer Design // Category:
Bom meledak pada lomba marathon di Boston, AS
Bom meledak pada lomba marathon di Boston, AS (REUTERS/NBC)
VIVAnews - Prihatin dengan ledakan bom yang memporakporandakan ajang maraton di Boston, Amerika Serikat, pada 15 April 2013 waktu setempat, Google merilis aplikasi pencarian khusus untuk mencari orang-orang yang hilang dan menjadi korban insiden peristiwa itu.

CBSnews melansir, 16 April 2013, aplikasi pencari korban itu diberi nama Google Person Finder. Jika menemukan korban, atau sedang mencari korban, pengguna bisa melaporkannya melalui tautan ini.

Di dalamnya terdapat dua tombol utama. Seperti pada halaman utama mesin pencarian Google, ada tombol "I'm looking for someone" dan "I have information about someone."

Aplikasi pencarian ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial Google terkait kemanusiaan, dan memungkinkan seseorang untuk memposting juga mencari status orang atau teman yang menjadi korban bencana.

Sampai berita ini dibuat, aplikasi tersebut telah sukses melacak 5.100 orang Boston.

Google Person Finder pertama kali diluncurkan setelah gempa bumi Haiti pada awal Januari 2010 silam.

Forbes melansir, data Google Person Finder menggunakan aplikasi pemprograman antarmuka Person Finder yang berbasis standar terbuka PFIF (People Finder Interchange Format).

Dengan demikian, pengguna bisa membenamkan halaman aplikasi khusus ini ke dalam gadget mereka.

Halaman ini juga memiliki jangkauan waktu pencarian. Untuk itu, pengguna yang membuat halaman khusus ini harus mengatur batas tanggal kumpulan catatan ini. Saat ini, tercatat 800 data pencarian korban maraton Boston. (sj)

Sumber : http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/405696-google-bikin-aplikasi-pencarian-korban-bom-boston

0 Responses to "Google Bikin Aplikasi Pencarian Korban Bom Boston"

Post a Comment