Yuk, Intip Sejarah Ponsel yang Genap Berusia 40 Tahun

Author: Shconer Design // Category:
detail berita
Martin Cooper (Foto: Thetrendwatch)

JAKARTA - Telefon seluler atau yang sering disebut ponsel telah lama menemani penggunanya untuk memenuhi kebutuhan berkomunikasi. Namun tahukah Anda apabila perangkat komunikasi yang satu ini genap berusia 40 tahun pada 3 April kemarin? 

Cerita ponsel berawal ketika ahli telekomunikasi bernama Martin Cooper membuat gebrakan dengan memamerkan purwarupa Motorola DynaTAC di New York pada 3 April 1973. Saat itu, ia melakukan panggilan melalui perangkat mobile (ponsel) untuk pertama kalinya, sekaligus menandai kelahiran perangkat telekomunikasi itu. 

DynaTAC memiliki ukuran 9 inci yang terdiri dari 30 papan sirkuit dan dapat melakukan panggilan kurang dari 30 menit dengan melakukan pengisian daya 10 jam. "Model ponsel pertama berbobot lebih dari satu kilo. Anda hanya dapat melakukan panggilan telefon 20 menit sebelum baterai habis," kata Cooper seperti dikutip dari The Telegraph, Kamis (4/42013).

"Satu lagi Anda juga tidak dapat memegang ponsel itu dalam waktu yang lama," sambungnya. 

Dewasa ini dengan pendapatan industri ponsel yang mencapai 800 juta poundsterling. Motorola yang menjadi pemain utama di sektor ini, telah dicaplok oleh Google pada tahun lalu. 


Sekadar informasi, ada lebih dari tujuh miliar ponsel beredar hari ini, banyak dari perangkat itu telah dibekali teknologi jaringan terbaru 4G dan NFC. Para pakar percaya bahwa industri ini akan terus berkembang. 

"Banyak perubahan. Ponsel awalnya berbicara soal percakapaan, tapi kini semua bergeser ke data. Sekarang teknologi memungkinkan melakukan panggilan suara melalui data, tapi ke depan data akan bergerak ke video -- lebih banyak panggilan video, mungkin konten televisi serta menyaksikan televisi," kata Instution of Engineering and Technology Mike Short. 

"Jadi akan banyak inovasi yang hadir di ponsel, khusunya dunia data dan video," ucapnya.
(fmh)


Sumber : http://techno.okezone.com/read/2013/04/04/57/786075/yuk-intip-sejarah-ponsel-yang-genap-berusia-40-tahun

0 Responses to "Yuk, Intip Sejarah Ponsel yang Genap Berusia 40 Tahun"

Post a Comment