Teknik Baru untuk Lacak Planet Mirip Bumi

Author: Shconer Design // Category:
detail berita
Ilustrasi (Foto: 3news)

TOKYO - Kolaborasi ilmuwan Jepang dan Selandia Baru mengusung lensa mikro gravitasi dalam kombinasinya dengan data teleskop luar angkasa Kepler untuk mendeteksi keberadaan planet asing. Planet asing ini mengorbit pada bintang mereka sendiri pada jarak dua kali lipat jarak Bumi-Matahari.

Dilansir Theregister, Kamis (4/4/2013), Phil Yock dari Department of Physics di University of Auckland menjelaskan, estimasi sebelumnya berdasarkan pada data Kepler terkait planet mirip Bumi hadir dari objek yang terdeteksi dari bintang induknya. "Planet ini secara umumnya lebih panas dari Bumi," ungkap Yock.

Ia mengatakan, meskipun secara umum planet asing tersebut lebih panas, namun beberapa bisa menjadi suhu yang sama seperti suhu Bumi. Dengan demikian, planet asing tersebut kemungkinan dapat dihuni bila mereka mengorbit sebuah bintang dingin yang disebut kurcaci merah.

"Proposal kami adalah untuk mengukur jumlah planet bermassa Bumi yang mengorbit bintang pada jarak umumnya dua kali lipat jarak Matahari-Bumi. Planet ini, oleh karena itu akan lebih dingin ketimbang Bumi," tutur ilmuwan dalam Royal Astronomical Society

Ilmuwan menjelaskan, dengan interpolasi antara Kepler dan hasil (Microlensing Observations in Astrophysics), mereka bisa mendapatkan estimasi terbaik dari jumlah planet mirip Bumi di Galaksi. "Kami mengira jumlahnya mencapai 100 miliar," pungkas Yock. (fmh)


Sumber : http://techno.okezone.com/read/2013/04/04/56/786084/teknik-baru-untuk-lacak-planet-mirip-bumi

0 Responses to "Teknik Baru untuk Lacak Planet Mirip Bumi"

Post a Comment