UI dan TNI AL Tindak Lanjuti Temuan Gunung Padang

Author: Shconer Design // Category:
Tindak lanjuti temuan Gunung Padang, UI dan TNI AL gelar pertemuan.
Tindak lanjuti temuan Gunung Padang, UI dan TNI AL gelar pertemuan.  

VIVAnews - Universitas Indonesia menggelar seminar terkait temuan baru Tim Riset Mandiri di Gunung Padang, Cianjur. Seminar diselenggarakan Sabtu, 20 April 2013.

Seminar bertajuk Etnisitas dan Identitas Bangsa dengan tema "Gunung Padang dan Revolusi Sejarah Dunia" tersebut mengundang unsur dari TNI AL, Indonesia Maritime Institute, dan berbagai kalangan. Selain memberikan pandangan terkait temuan di situs Gunung Padang, unsur TNI AL hadir untuk menuntaskan penggalian tampak luar situs.

Rencananya, besok rombongan akan mengunjungi lokasi penggalian di situs Gunung Padang, Cianjur. Berbagai pandangan yang berhubungan dengan budaya tradisi, birokrasi, ekonomi, serta permasalahan identitas bangsa dibahas dalam seminar tersebut.

"Kami juga membahas mengenai akar sejarah peradaban maritim dunia yang ternyata dapat ditemui dalam kompleksitas situs Gunung Padang di Cianjur," kata Dr. Y Paonganan, salah satu narasumber.

Sebelumnya diberitakan, pemerintah melalui Kemendikbud, mengumumkan akan membawa temuan Gunung Padang dalam World Culture Forum (WCF 2013) yang digelar UNESCO, November 2013.

"Temuan terbaru dari Tim, membawa Gunung Padang menjadi keajaiban dunia yang memancing minat dunia internasional," ujar Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Wiendu Nuryanti.

Sementara itu, Dr. Ali Akbar, Arkeolog UI yang juga Tim Riset Mandiri menjelaskan bahwa bangunan utama seluas 15 hektare di situs tersebut membutuhkan peran serta semua komponen bangsa untuk dapat dituntaskan eskavasinya.

"Biar terlihat bentuk luar kemegahan bangunan yang tertimbun tersebut," kata Ali. (art)


Sumber : http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/406782-ui-dan-tni-al-tindak-lanjuti-temuan-gunung-padang

0 Responses to "UI dan TNI AL Tindak Lanjuti Temuan Gunung Padang"

Post a Comment