Ternyata Lebah Juga Suka Mencontek

Author: Shconer Design // Category:
detail berita

LONDON – Hasil studi University of London and the Zoological Society of London (ZSL) menujukkan bahwa lebah seringkali meniru perilaku satu sama lain ketika sedang mencari nektar. Hal ini dilakukan lebah karena memiliki ukuran otak yang kecil.

Dilansir RedOrbit, Sabtu (6/4/2013), meskipun demikian, lebah cukup cerdas untuk dapat memilih bunga yang paling menarik dengan cara mengamati lebah lain dan mempelajari perilakunya.

Para lebah menggunakan logika sederhana untuk mengamati warna bunga yang mampu menarik perhatian lebah lain. Hal tersebut menjelaskan bahwa bunga dengan jenis warna yang sama juga mengandung nektar kaya energi.

“Sebuah hal yang fantastis dan kompleks melihat mereka mempelajari cara untuk menemukan nektar dengan mengamati lebah lainnya,” ujar Dr. Elli Leadbeater dari ZSL.

Hasil studi yang dipublikasikan dalam jurnal Current Biology menunjukkan, dalam rangka mencari nektar untuk memberi makan anak-anak dari larva Ratu Lebah di sarang, lebah pekerja harus mengunjungi ribuan bunga setiap harinya.

Dalam uji cobanya, peneliti menghadirkan bunga buatan untuk menguji perilaku antar lebah. Hal ini bertujuan untuk melihat apakah para lebah mengetahui nektar yang tersedia pada bunga, baik yang ramai didatangi maupun tidak.

 “Studi kami mengungkap bagaimana lebah menggunakan asosiasi masa lalu untuk dapat membuat keputusan kapan mereka akan menyalin perilaku lebah lain,” kata seorang mahasiswi program doktoral di Queen Mary, Inggris.

Selain itu, peneliti juga menemukan bukti bahwa lebah akan mengevaluasi setiap pilihan yang ditemukan melalui lebah lainnya, sehingga mereka tidak akan menyalin perilaku lebah lain yang menemukan bunga dengan rasa pahit. (amr)


Sumber : http://techno.okezone.com/read/2013/04/06/56/787459/ternyata-lebah-juga-suka-mencontek

0 Responses to "Ternyata Lebah Juga Suka Mencontek"

Post a Comment