Telkom Bekali UMKM untuk Jalankan Bisnis E-Commerce melalui IndiPreneur

Author: Shconer Design // Category:
detail berita
Foto: Ist

JAKARTA - Guna mendukung pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) menghadirkan program Indonesia Digital Enterpreneur (IndiPreneur).

IndiPreneur dimaksudkan untuk membekali para pelaku UMKM dengan pengetahuan mengenai implementasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan e-commerce serta memberikan kemampuan untuk menjalankannya.

Program IndiPreneur merupakan komitmen Telkom untuk meningkatkan potensi 100.000 UMKM Indonesia melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang efektif, untuk berbisnis dan berinteraksi secara online (e-commerce).

Melalui Program IndiPreneur, UMKM lokal dapat mengembangkan bisnis dengan solusi TIK berkualitas dan terjangkau, seperti : koneksi broadband, web builder, web hosting, domain name dan e-commerce application yang dapat dinikmati secara gratis dan dioperasikan dengan mudah.

Program-program tersebut merupakan bukti komitmen Telkom untuk terus mendukung pertumbuhan industri kreatif serta pemberdayaan UMKM di Indonesia, agar pelaku UMKM memiliki daya saing secara global.

Telkom sangat menaruh perhatian terhadap pengembangan UMKM, mengingat UMKM merupakan tulang punggung pertumbuhan perekonomian nasional.

Terhitung sekitar 59 juta penduduk Indonesia menjadi pelaku UMKM yang memberikan kontribusi positif bagi pendapatan nasional, yaitu sebesar 56,5 persen dari total GDP Indonesia. Dimana 3,5 juta diantaranya merupakan wirausaha nasional yang telah berbadan hukum.

Dalam hal ini, Telkom menyediakan perangkat IT dengan pola leasing (sewa beli) bagi pelaku UMKM yang menghadapi kendala ketersediaan sarana. Sementara untuk akses ke internet broadband (termasuk akses wifi), serta penyediakan layanan Portal, Application dan Content (PAC) dengan teknologi Cloud Computing disediakan secara gratis oleh Telkom. Teknologi Cloud Computing meliputi Infrastructure as a Service (IAAS), Platform as a Service (PaaS) dan Software as a Service (SaaS).

Semua solusi TIK tersebut dapat dimanfaatkan oleh pelaku UMKM untuk berbagai keperluan dalam mempromosikan perusahaan/produk, melakukan transaksi online serta kemudahan pengelolaan bisnis secara online.

Tidak hanya itu, aplikasi yang dikembangkan untuk UMKM ini juga menggunakan konsep open platform sehingga membuka kesempatan bagi pihak-pihak lain (content developer, application developer) untuk bermitra memperkaya content dan aplikasi tersebut dengan kemampuan lain yang mungkin dikembangkan.

Siapkan Rp10 Miliar
Melalui program IndiPreneur, Telkom mengharapkan para pelaku UMKM dapat lebih memahami manfaat teknologi informasi secara efektif sehingga pelaku UMKM dapat berkiprah di pasar global dan dapat meningkatkan daya saing dari pelaku UMKM itu sendiri. Guna menyukseskan program ini Telkom telah menyiapkan dana tidak kurang dari Rp10 Miliar.

Pada 2013 ini Telkom memproyeksikan sebanyak 100.000 pelaku UMKM bergabung dalam program ini. Sementara hingga saat ini, lebih 20 ribu pelaku UMKM telah memperoleh manfaat dari program IndiPreneur ini.

Para pelaku UMKM tidak harus terbebani biaya yang tidak relevan dengan bisnisnya, karena biaya hanya dibebankan ketika melakukan transaksi bisnis saja yaitu berkisar Rp500 - Rp1000,- per transaksi.

Program IndiPreneur merupakan bagian dari Mega Proyek “Indonesia Digital Network” (IDN) yang mentargetkan 5 juta pelanggan broadband dan penyediaan 1 juta wifi pada tahun 2013.

Selanjutnya program tersebut diimplementasikan untuk mewujudkan Indonesia Digital Society (InDiSo) yang akan meningkatkan daya saing masyarakat Indonesia di bidang teknologi informasi dan komunikasi. (amr)


Sumber : http://techno.okezone.com/read/2013/04/18/55/793731/telkom-bekali-umkm-untuk-jalankan-bisnis-e-commerce-melalui-indipreneur

0 Responses to "Telkom Bekali UMKM untuk Jalankan Bisnis E-Commerce melalui IndiPreneur"

Post a Comment