Sensasi 'Meme' Kembali Eksis di Dunia Maya

Author: Shconer Design // Category:
detail berita
Contoh Meme (Foto: DigitalSpy)

NEW YORK – Sensasi ‘meme’ kembali hadir di dunia maya. Kali ini sebuah ‘meme’ yang dinamakan ‘Attractive Convict’, berfokus pada foto seorang narapidana wanita tersebar luas di internet. ‘Meme’ sendiri adalah sisipan teks pada sebuah foto di internet.

Ialah Meagen McCullough, 25 tahun, yang ditangkap karena mengemudi di bawah pengaruh alkohol pada 2010 silam. Fotonya kembali muncul di sebuah situs, Reddit awal April ini dengan tulisan bernada ejekan terhadap penampilannya yang fotogenik (ekspresif) dengan seragam tahanannya.

Sejak saat itu, ratusan pengguna internet pun ikut membuatkan ‘meme’ terhadap foto tersebut dengan versinya masing-masing. Demikian dikutip DigitalSpy, Jumat (5/4/2013).

Sebelumnya, hal serupa pernah terjadi dengan sensasi ‘meme’ berjudul ‘Guy Ridiculously Photogenic’ saat pelari bernama Zeddie Little sedang mengikuti ajang lari bersama pada April 2012.

Ia menjadi sensasi di internet setelah salah seorang penonton memotret dirinya di Cooper River Bridge Run, South Carolina, Amerika Serikat (AS). Di foto tersebut ia tampak tertawa layaknya seperti model cover boy majalah yang tampan.

Kemudian foto tersebut di-post ke situs Reddit yang akhirnya menjadi inspirasi di dunia maya untuk membuat ‘meme’ yang kreatif pada fotonya.

Menurut Wikipedia, internet ‘meme’ merupakan sebuah konsep yang menyebar dari orang ke orang melalui internet dan tidak jarang menggunakan istilah “bahasa gaul”. Misalnya kata “more” menjadi “moar”, “what” menjadi “wat”, dan sebagainya.

Fenomena ini banyak menyebar dari orang ke orang melalui sosial media, blog, email, situs mesin pencari, forum internet, dan layanan video hosting. Adapun situs yang umum digunakan seperti 4chan, Reddit, dan masih banyak lagi. (amr)


Sumber : http://techno.okezone.com/read/2013/04/05/55/786660/sensasi-meme-kembali-eksis-di-dunia-maya

0 Responses to "Sensasi 'Meme' Kembali Eksis di Dunia Maya"

Post a Comment