Samsung Langgar "Paten Kunci" Apple

Author: Shconer Design // Category:
detail berita
Ilustrasi: latestmobiletechnology

CALIFORNIA - Hakim International Trade Commision (ITC) membuat keputusan sementara yang menyatakan bahwa Samsung Electronics melanggar paten kunci milik Apple, termasuk fitur text-selection pada produk smartphone dan tablet. 

Sementara itu, hakim memutuskan pada 26 Maret lalu bahwa Samsung tidak melanggar paten Apple terkait fitur yang memungkinkan perangkat mendeteksi apabila mikrofon atau perangkat lain terhubung ke jack audio. Demikian dilansir dari Reuters, Senin (8/4/2013). 

Komisi saat ini tengah menggodok keputusan yang diharapkan akan diketuk palu pada Agustus 2013. Nah apabila keputusan itu berlaku, maka ITC akan mengeluarkan kebijakan impor untuk produk Samsung Galaxy, Transform, dan Nexus di Amerika Serikat (AS). 

Apple mengajukan tuntutan ini pada pertengahan 2011, perusahaan asal Cupertino itu menilai Samsung melanggar paten pada produk smartphone dan tablet. 

Hakim ITC Thomas Pender dalam keputusan sementara Oktober lalu mengatakan, Samsung melanggar empat paten Apple. Akan tetapi, produsen produk Galaxy itu tidak melanggar dua tuduhan yang dilayangkan produsen iPhone. Setidaknya, perusahaan besutan mendiang Steve Job itu melayangkan tujuh keluhan, akan tetapi satu tuduhan dicoret saat proses pengadilan. 

Genderang Perang
Apple menabuh genderang perang di berbagai sektor melawan Samsung. Pertarungan antar kedua vendor itu berlangsung di 10 wilayah, untuk bersaing memperebutkan pasar pada industri mobile. 

Mayoritas produk yang dikeluhkan Apple merupakan perangkat berbasis Android. Semasa hidup, pendiri Apple, Steve Jobs mengecam Android sebagai "produk curian", yang berhasil mencari sistem operasi nomor wahid di dunia.  

Perusahaan berbasis Cupertino itu melawan Google Android dengan melayangkan gugatan ke produsen smartphone dan tablet yang menggunakan sistem operasi tersebut, termasuk Samsung dan HTC. 

Meski tak akur, namun Samsung diketahui turut andil menjadi pemasok komponen bagi Apple. Raksasa elektronik asal Korea Selatan itu memproduksi mikro prosesor, layarm dan chip memori untuk iPhone, iPad, dan iPod. Akan tetapi, Apple pun mulai mengendurkan ketergantungan dari komponen Samsung untuk chip dan layar. 
(fmh)


Sumber : http://techno.okezone.com/read/2013/04/08/57/787819/samsung-langgar-paten-kunci-apple

0 Responses to "Samsung Langgar "Paten Kunci" Apple"

Post a Comment