Jika Berbayar, 90% User Ancam Tinggalkan WeChat

Author: Shconer Design // Category:

Ilustrasi (ist)
Beijing - Aplikasi instant messaging WeChat dikabarkan bakal menarik sejumlah biaya bagi user yang menggunakan layanannya. Para pengguna pun bersiap meninggalkan WeChat jika memang benar akhirnya kabar itu menjadi kenyataan.

Menteri Industri dan Teknologi Informasi China, Miao Wei, menyatakan tengah mengkaji pengguna membayar untuk aplikasi WeChat dan meminta operator menyiapkan model bisnis yang ideal. Namun, pemerintah China juga mewanti-wanti pengguna tak dibebani oleh bayaran yang tinggi.

Polling yang dilakukan oleh Xinhua Net menyebutkan bahwa sebanyak 90% pengguna internet di China menyatakan akan berhenti memakai WeChat jika tidak lagi gratis. Sebab, user merasa harus membayar dua kali, ongkos internet dan penggunaan WeChat.

Terlebih, ada alternatif layanan messaging yang tidak kalah mumpuni di China. Misalnya saja Weibo dan Mi Chat.

Para operator besar di China, termasuk China Mobile dan China Telecom belakangan memang mengajukan protes terhadap popularitas WeChat. Sebab, pengunaan WeChat menggerogoti pemasukan dari SMS, MMS dan panggilan telepon.

Kemudian, penggunaan WeChat dinilai menggunakan terlalu banyak bandwidht. Jadi, operator merasa tidak diuntungkan dengan popularitas WeChat.

Sejak diluncurkan dua tahun yang lalu oleh Tencent, perusahaan asal China, pengguna WeChat telah menembus 300 juta secara global, termasuk di Indonesia.

Namun bos WeChat cepat-cepat menampik isu berbayar tersebut. Dalam pernyataannya seperti dilansir Xinhua, Liu Chiping selaku President Tencent -- induk usaha WeChat -- menegaskan bahwa WeChat akan tetap gratis.

Kemungkinan, Tencent yang nantinya akan membayar operator dalam jumlah tertentu sehingga WeChat bisa tetap gratis bagi penggunanya. Demikian seperti detikINET kutip dari ZDNet, Senin (8/4/2013).



( fyk / ash )

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!
Sumber : http://inet.detik.com/read/2013/04/08/094436/2213907/398/jika-berbayar-90-user-ancam-tinggalkan-wechat

0 Responses to "Jika Berbayar, 90% User Ancam Tinggalkan WeChat"

Post a Comment