Q1 2013, Pendapatan Toko Aplikasi Tembus Rp21 Triliun

Author: Shconer Design // Category:
detail berita
Ilustrasi (Foto: Cnet)

CALIFORNIA – Pertumbuhan smartphone dan tablet membuat jumlah unduhan aplikasi semakin meningkat. Menurut perusahaan riset pasar, Canalys, empat toko aplikasi populer saat ini membuahkan 13,4 miliar unduhan di seluruh dunia pada kuartal pertama 2013 dengan pendapatan mencapai USD2,2 miliar atau sekira Rp21 triliun.
 
"Aplikasi memiliki dampak besar pada cara konsumen menggunakan perangkat mobile seperti apa yang mereka nilai dan apa yang mereka harapkan dari smartphone dan tablet. Aplikasi kini merupakan hal yang penting tentang bagaimana konsumen terlibat dengan konten dan perangkat terkoneksi, serta bagaimana menyesuaikan perangkat dengan fitur aplikasi yang penting bagi mereka," jelas Kepala analis Canalys Adam Daum, seperti dilansir dari Cnet, Selasa (9/4/2013).
 
Adapun empat aplikasi populer yang dimaksud oleh Canalys yaitu App Store, Google Play, Windows Phone Store, dan BlackBerry World, yang jika dikombinasikan menghasilkan pendapatan USD2,2 miliar dari unduhan aplikasi pada kuartal pertama tahun ini atau naik 9 persen dibandingkan 2012.  App Store Apple berhasil menjadi toko aplikasi terlaris dengan menguasai 74 persen pangsa pasar.
 
Meski pendapatan yang dihasilkan Google Pay tidak terlalu besar dibandingkan App Store, tapi toko aplikasi Android itu menguasai jumlah unduhan terbesar. Sedangkan posisi kedua ditempati App Store.
 
"App Store Apple dan Google Play merupakan pemain kelas berat di dunia toko aplikasi. Sebagai perbandingan, BlackBerry World dan Windows Phone Store masih jauh, tapi keduanya tetap tidak boleh diabaikan. Keempat toko itu mewakili proposisi pasar berbeda bagi developer dan tetap menjadi outlet utama untuk menjangkau pengguna pada platform yang mereka layani," jelas analis senior Canalys, Tim Shpherd.
 
Menurut laporan Canalys sejumlah developer yang berhasil mendapatkan keuntungan yang baik diantaranya seperti Rovio, Zynga dan Electronic Arts.
(adl)


Sumber : http://techno.okezone.com/read/2013/04/09/325/788642/q1-2013-pendapatan-toko-aplikasi-tembus-rp21-triliun

Lihat Juga Halaman Berikut:

0 Responses to "Q1 2013, Pendapatan Toko Aplikasi Tembus Rp21 Triliun"

Post a Comment