Prosesor Intel Haswell Punya Cache Super Lega

Author: Shconer Design // Category:
Jakarta - Meski belum resmi diluncurkan, prosesor garapan Intel berbasis Haswell kabarnya kedatangan anggota baru. Bahkan disebut-sebut Intel menyematkan ukuran cache super lega pada prosesor yang juga telah dibekali IGP (Integrated Graphic Processing) tersebut.

Tidak tanggung-tanggung, Intel konon menyematkan cache sebesar 64 MB di dalamnya. Ukuran cache besar yang terletak pada bagian L4 tersebut nantinya khusus didedikasikan untuk pengolah grafis yang diusungnya.

Penyematan cache L4 berukuran besar memang bukan hal baru dalam teknologi pengolah grafis, namun adopsi pada sebuah prosesor biasanya berujung pada ukuran die yang lebih besar dibanding ukuran die yang banyak diusung prosesor saat ini.

Demi mengantisipasinya, kabarnya Intel telah menyiapkan khusus proses pabrikasi yang mampu mendukung ukuran die yang tidak biasa tersebut.

Dikutip detikINET dari Tom's Hardware, Selasa (16/4/2013), selain ukuran cache L4 super lega yang dimilikinya, produk prosesor berbasis Haswell yang kabarnya bakal hadir dalam varian Crystal Well tersebut juga memiliki kemampuan yang disebutnya 'shared between the CPU and GPU'. Kemampuan tersebut memungkinkan L1, L2, L3 dan L4 untuk saling berbagi 'ruangan' sesuai kebutuhan CPU dan GPU.

Dengan segala kelebihannya tersebut, bisa jadi varian Crystal Well akan menghuni barisan produk high-end prosesor Intel. Bahkan bukan tidak mungkin Crystal Well akan menjadi prosesor Intel model Core i7 termahal selanjutnya.

(ash/ash)
Sumber : http://inet.detik.com/read/2013/04/16/134825/2221591/317/prosesor-intel-haswell-punya-cache-super-lega

0 Responses to "Prosesor Intel Haswell Punya Cache Super Lega"

Post a Comment