Peringati Era VHS, YouTube Tampilkan 'Tape Mode'

Author: Shconer Design // Category:
Amerika Serikat - Kata 'VHS' asing di telinga generasi sekarang. Memperingati 57 tahun format video jadul tersebut, YouTube menyediakan mode VHS untuk bernostalgia.

Dikutip detikINET dari ABC News, Selasa (16/4/2013), pada Senin kemarin, bagian kanan bawah tampak ikon video kecil. Ketika diklik, video yang ditonton akan tampil dengan efek retro sehingga terlihat jadul.

Menarik mengetahui sejarah VHS yang merupakan singkatan dari Video Home System. VHS adalah standar perekaman dan pemutaran video dan audio yang dikembangkan oleh Victor Company of Japan, Limited (JVC). VHS dirilis di Eropa dan Asia pada September 1976.

Pada pertengahan 1990-an, VHS menjadi format standar bagi banyak orang. Sebelumnya, orang-orang menggunakan format pita video dengan Betamax milik Sony dan juga beberapa format lainnya, seperti Video 2000 dari Philips.

Awalnya VHS memiliki waktu rekaman lebih panjang dibandingkan kaset Betamax, dan mekanisme transportasi pita yang tidak rumit. Walaupun VHS dan Betamax bersaing, setengah teknologi penting VHS dilisensikan dari Sony.

VHS juga dapat memutar balik dan memajukan rekaman lebih cepat dibandingkan Betamax karena pemutar VHS memutus pita dari kepala pemulai sebelum memutar. Namun kebanyakan pemutar VHS baru tidak melakukan hal ini.

Adalah The Young Teacher yang menjadi film pertama yang dirilis dengan format VHS. Seiring perkembangan format video, popularitas VHS pun perlahan meredup. Film A History of Violence yang dirilis pada 2006, menjadi penanda format VHS terakhir.


(rns/ash)
Sumber : http://inet.detik.com/read/2013/04/16/135002/2221592/398/peringati-era-vhs-youtube-tampilkan-tape-mode

0 Responses to "Peringati Era VHS, YouTube Tampilkan 'Tape Mode'"

Post a Comment