Peneliti Jepang Bikin 'Ekor Buatan' untuk Manusia

Author: Shconer Design // Category:
detail berita
Screenshot YouTube

TOKYO – Beberapa waktu lalu pengembang asal Jepang, Neurowear menciptakan headphone berbentuk telinga kucing yang disebut sebagai Nekomimi. Adalah headphone yang mampu memilih lagu berdasarkan suasana hati penggunanya saat itu.

Tak lama setelah itu, Neurowear kembali menghadirkan inovasi produk yang menyerupai Nekomimi. Namun, kali ini produknya berbentuk ekor yang menggunakan teknologi electroencephalograph (EEG). Demikian dilansir Populationgo, Senin (22/4/2013).

Adapun Wikipedia menjelaskan, pengertian EEG adalah rekaman aktivitas listrik yang diambil dari permukaan kulit kepala seseorang. EEG dapat menghitung tegangan fluktuasi yang dihasilkan dari arus ion dalam neuron otak.

Produk ekor yang dinamakan Shippo ini terhubung dengan aplikasi Neural di smartphone pengguna. Shippo akan memungkinkan penggunanya menunjukkan suasana hati yang dipengaruhi oleh kinerja otak saat itu.

Kemudian otak akan mengirim sinyal yang membuat ekor tersebut bergerak. Semakin ekor bergerak kesana-kemari, menunjukkan bahwa otak dan suasana hati sedang dalam kondisi baik.

Tak hanya itu saja, Shippo juga dapat men-tag lokasi keberadaan pengguna saat itu. Kemudian pengguna juga dapat berbagi suasana hatinya tersebut ke akun media sosialnya seperti Twitter dan Facebook.

Dengan demikian, berbagai suasana hati seperti senang, sedih, marah dan lain-lain akan tergambarkan dengan jelas. Sehingga pada akhirnya kumpulan berbagai emosi yang dirasakan penggunanya akan disimpan di pusat bank data otaku digital.

Pengguna juga dapat menggunakan Shippo melalui aplikasi di smartphone untuk mencari lokasi bersantai yang ramai didatangi orang-orang. Untuk dapat mengetahui lebih dalam konsep Shippo, Anda dapat klik link video ini.
(amr)


Sumber : http://techno.okezone.com/read/2013/04/22/56/795334/peneliti-jepang-bikin-ekor-buatan-untuk-manusia

0 Responses to "Peneliti Jepang Bikin 'Ekor Buatan' untuk Manusia"

Post a Comment