November, Gerhana Matahari Ubah Langit Jadi Gelap

Author: Shconer Design // Category:
detail berita
Gerhana Matahari (Foto: Skyandtelescope)

NAIROBI - Peneliti mengatakan bahwa gerhana matahari total akan terjadi di wilayah Afrika tengah. Kabarnya, efek gerhana matahari yang mengubah langit menjadi gelap ini bisa disaksikan tepat di Lake Turkana di Kenya pada November tahun ini.

Dilansir Skyandtelescope, Senin (22/4/2013), gerhana matahari ini hanya terjadi di Afrika tengah, di mana wilayah tersebut memiliki area seluas 29 mil (47 kilometer). Namun, area tersebut kabarnya merupakan wilayah tanpa perkotaan besar dan gerhana matahari tampaknya hanya bisa disaksikan oleh sedikit orang.

"Ini merupakan tantangan meteorologi yang mengesankan," ungkap ahli meteorologi, Jay Anderson. Ketinggian matahari ketika terjadi gerhana ini hanya 12 derajat, yang memungkinkan mata manusia untuk melihat dan mengabadikan peristiwa langka tersebut.

Pada 2002 lalu, gerhana matahari total juga pernah terjadi di Australia, di mana matahari dikelilingi lingkaran gelap langit. Pada November nanti, gerhana memilki besaran 1.002, yang berarti pada pertengahan gerhaha ini terjadi, cakram Bulan hanya 0,2 persen lebih luas daripada Matahari.

Kabarnya, peristiwa gerhana ini hanya berlangsung di bawah 15 detik. Sehingga, pada detik berharga ini para pengamat bisa menyaksikan momen langka dan mengabadikan pemandangan gerhana matahari total tersebut.

Wikipedia menerangkan, gerhana Matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara Bumi dan Matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari. Bayangan Bulan mampu melindungi cahaya Matahari sepenuhnya karena Bulan yang berjarak rata-rata jarak 384.400 kilometer dari Bumi, lebih dekat ketimbang Matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer. (fmh)


Sumber : http://techno.okezone.com/read/2013/04/22/56/795373/november-gerhana-matahari-ubah-langit-jadi-gelap

0 Responses to "November, Gerhana Matahari Ubah Langit Jadi Gelap"

Post a Comment