Jejak Kreator Virus Flashback OS X "Tercium"

Author: Shconer Design // Category:
detail berita

CALIFORNIA - Flashback OS X menyita perhatian tahun lalu karena berhasil menginfeksi setengah juta lebih komputer Mac.Terbaru, jejang sang kreator virus tersebut tercium. 

Ahli keamanan, Brian Krebs melaporkan berhasil menemukan jejak yang merujuk pada otak dibalik virus Flashback. Menurut Krebs, ia berhasil melihat gerak-gerik tersebut melalui forum underground, BlackSEO.com. Demikian dilansir dari Softpedia, Jumat (5/4/2013). 

Di forum itu, otak dibalik virus Flashback pada Juli 2012 lalu ini menggunakan nama Mavook. Ia menyombongkan kemampuannya ketika mencoba untuk menyakinkan anggota VIP dari BlackSEO untuk masuk ke Darkode.com, situs lain yang digunakan penjahat siber. 

Setelah mempelajari jejak Mavook di jagad maya, ahli kemanan mempelajari ternyata pemilik akun itu diduga sebagai Maxim Dmitrievich Selihanovich, pria rusia berusia 30 tahun dari Saransk, Mordovia. 

Seperti diketahui, tahun lalu, lebih dari 650 ribu komputer Mac yang terinfeksi malware Trojan 'Flashback'. Merespon kejadian itu, Apple telah memperbarui keamanan untuk mencegah Trojan Flashback, akan tetapi pada waktu itu masih ada ribuan komputer Mac yang terinfeksi. 

Menurut Kaspersky Lab, meski tidak ada kegiatan berbahaya lainnya dari yang telah terinfeksi oleh Trojan, tapi resiko ini penting karena fungsi malware sebagai downloader pada komputer pengguna. Ini berarti penjahat cyber di balik Flashfake dapat dengan mudah memperbarui malware yang bisa mencuri informasi rahasia seperti passwrod atau rincian kartu kredit dan menginstalnya ke mesin yang terinfeksi.
(fmh)


Sumber : http://techno.okezone.com/read/2013/04/04/55/786488/jejak-kreator-virus-flashback-os-x-tercium

0 Responses to "Jejak Kreator Virus Flashback OS X "Tercium""

Post a Comment