Ini 9 Finalis Imagine Cup 2013 Indonesia

Author: Shconer Design // Category:
detail berita
9 finalis Imagine Cup 2013 (foto: Andina/Okezone)

JAKARTA - Microsoft hari ini, Jumat (12/4/2013)  menggelar babak final Imagine Cup 2013 di Epicentrum Walk, Jakarta, untuk mendapatkan sang juara utama sebagai wakil Indonesia di final tingkat dunia yang akan digelar di St. Petersburg, Rusia pada 8 hingga 12 Juli mendatang. Dari ribuan mahasiswa Indonesia yang mengikuti kompetisi ini, 9 tim terbaik akhirnya terpilih untuk bersaing menduduki posisi pertama.

Untuk tahun ini, Imagine Cup berhasil menjaring 1.077 mahasiswa serta pelajar Indonesia dalam 299 tim dan akhirnya  9 tim terbaik telah terpilih. 9 tim tersebut terbagi ke dalam tiga kategori yang masing-masing terdiri dari tiga tim  yaitu Games, Innovation, dan World Citizenship.

Untuk kategori Games terdiri dari Solite Studio dari Universitas Trunojoyo Madura dengan proyek Save The Hamster, TimeWiz dari Institut Teknologi Bandung dengan proyek Time Skate, dan Wonderworks Studio dari Institut Teknologi Bandung dengan proyek Niew's Tale.

Sedangkan kategori Innovation terdiri dari Bingwa dari Universitas Gadjah Mada dengan proyek GreenAid, Imagine dari Institut Teknologi Bandung dengan proyek Vofuse, dan Namaste dari Institut Teknologi Telkom, Bandung dengan proyek KIDEA.

Adapun kategori World Citizenship terdiri dari Matriz Phosporence dari Institut Teknologi Bandung dengan proyek Smokers Nanny, NextIn Futura dari Universitas Gadjah Mada dengan proyek Mosist, dan VEO dari Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) AMIKOM, Yogyakarta, dengan proyek Ahada.

"Imagine Cup merupakan salah satu kompetisi pembuatan software aplikasi terbesar di dunia yg terarah. Kami berharap untuk tahun ini bisa membawa gelar juara dari Rusia dan  bisa terus berkembang dengan mendapatkan investasi karena kualitas yang kami kirim ini merupakan yang terbaik," tutur Presiden Direktur Microsoft Indonesia Andreas Diantoro, di Epicentrum Walk, Jakarta, Jumat.

Menurut Andreas, bukan hanya pemenang utama yang bisa mendapatkan kesempatan besar untuk tumbuh menjadi wirausaha teknologi, tapi juga para finalis.

"Bukan hanya juaranya, tapi finalis Imagine Cup pun banyak yang dilirik investor. Selain itu, para pemenang dengan aplikasinya bisa juga semakin memperkaya Windows Store, yang bisa menjadi pasar luar biasa besar bagi wirausaha teknologi," jelasnya.

Adapun untuk proses seleksi pada babak final hari ini, masing-masing kategori memiliki standar penilaian berbeda. Untuk Games, kriteria penilaian yaitu Fun (40 persen), Execution (30 persen), Innovation (20 persen), dan Business Viability (10 persen).

Lalu kategori Innovation dengan kriteria penilaian Innovation (45 persen), Impact (30 persen), dan Execution (25 persen). Sedangkan kriteria penilaian World Citizenship ialah Impact (50 persen), Feasibility (30 persen), dan Execution (20 persen).

Dari ketiga kategori itu, pemenang utama Imagine Cup 2013 dari Indonesia akan terbang ke Rusia untuk berlaga kembali di tingkat dunia dan memiliki kesempatan meraih hadiah Grand Prize sebesar Rp500 juta. Sebagai catatan, Imagine Cup yang telah berjalan selama 10 tahun ini berhasil menggaet 1,65 juta pelajar dari berbagai penjuru dunia.

Salah satu juri Imagine Cup 2013 Indonesia, Riza Ramadan, mengatakan bahwa kompetisi seperti Imagine Cup ini perlu diikuti oleh para pelajar untuk semakin mengasah inovasi-inovasi mereka. "Dari sudut pandang pelajar, Imagine Cup ini perlu diikuti sebagai salah satu cara mendorong pelajar untuk menyelesaikan real problem dan memiliki nilai untuk masyarakat dengan inovasi-inovasi mereka," ungkap Riza.
(amr)


Sumber : http://techno.okezone.com/read/2013/04/12/325/790611/ini-9-finalis-imagine-cup-2013-indonesia

0 Responses to "Ini 9 Finalis Imagine Cup 2013 Indonesia"

Post a Comment