Ilmuwan Ungkap Asal-Usul Tyrannosaurus

Author: Shconer Design // Category:
detail berita
(Foto: Nationalgeographic)

WASHINGTON - Tyrannosaurus rex merupakan dinosaurus yang pernah hidup sekira 80 juta tahun lalu. Karnivora purba ini diyakini merupakan anggota dinosaurus terbesar dan paling kuat yang pernah ada di muka Bumi.

Dilansir Nationalgeographic, Jumat (5/4/2013), meskipun Tyrannosaurus rex atau yang biasa disingkat T.rex ini populer di kalangan peneliti maupun film fiksi ilmiah, paleontolog kabarnya baru benar-benar memahami asal-usul dari hewan bergigi runcing ini.

Sejarah T.rex secara umum masih belum diketahui secara pasti. Ilmuwan sejauh ini mempelajari hewan masa lampau tersebut melalui kerangka parsial, gigi, dan fragmen yang ditemukan melalui era Jurassic dan Cretaceous.

T.rex yang dikenal senang bertarung ini ditemukan di Utah Amerika Serikat, yang menambah petunjuk baru tentang asal-usul hewan pemakan daging tersebut. Ditemukan di wilayah Book Cliffs dekat Green River, Utah, T.rex yang diyakini hidup pada 75 juta tahun lalu ini hanya terlihat salah satu bagian tubuhnya, yakni bagian tungkai belakangnya.

Penemuan fosil di negeri paman sam ini membuat paleontolog Tracy Thomson, Randall Irmis dan Mark Loewen yakin bahwa T.rex tersebut kemungkinan berevolusi di wilayah Amerika Utara. Dinosaurus yang berada di sebelah barat daya akan berbeda spesies dengan dinosaurus yang tinggal di wilayah Montana dan Kanada prasejarah.

Paleontolog Tom Lehman mengungkap ide terkait area hidup dinosaurus ini pada pergantian abad ke-21. Temuan fosil ini mendukung gagasan bahwa ada penghalang yang memicu perpecahan evolusi antara dinosaurus utara dan selatan sekira 75 juta tahun lalu. (fmh)


Sumber : http://techno.okezone.com/read/2013/04/05/56/786876/ilmuwan-ungkap-asal-usul-tyrannosaurus

0 Responses to "Ilmuwan Ungkap Asal-Usul Tyrannosaurus"

Post a Comment