Ilmuwan Bikin Material Baru 'Superkapasitor' Inovatif

Author: Shconer Design // Category:
detail berita
Ilustrasi bentuk oksida nobium yang disintesis oleh para peneliti UCLA (Foto: Sciencedaily)

CALIFORNIA - Ilmuwan dari UCLA (University of California, Los Angeles) baru-baru ini mengumumkan penemuan terbarunya, yang diklaim merupakan superkapasitor berkemampuan tinggi. Material baru ini bisa dimanfaatkan untuk jaringan listrik perkotaan serta pengereman regeneratif pada kendaraan hibrida.

Dilansir Sciencedaily, Selasa (16/4/2013), peneliti asal Amerika Serikat ini telah mensintesiskan bahan yang menunjukkan kemampuan tinggi untuk penyimpanan cepat serta pelepasan energi. Temuan ini dilaporkan dalam jurnal Nature Materials, yang dipimpin oleh profesor Materials Science and Engineering, Bruce Dunn.

Bruce Dunn mendefininisikan karakteristik dari bentuk sintesis dari oksida niobium dengan fasilitas besar untuk menyimpan energi. Material ini digunakan dalam superkapasitor, yang merupakan perangkat dengan kombinasi kapasitas penyimpanan tinggi dari baterai lithion ion dan kemampuan cepat pengiriman energi.

Peneliti UCLA mengatakan, pengembangan inovasi ini diharapkan akan memberikan solusi untuk pengisian baterai cepat pada perangkat elektronik. Selain itu, superkapasitor juga diharapkan bisa membantu untuk aplikasi elektronik mobile serta peralatan industri.

"Dengan pekerjaan ini, kita mengaburkan garis antara apa yang disebut baterai dan apa yang dinamakan superkapasitor," ungkap peneliti UCLA, Veronica Augustyn. Superkapasitor ini bisa digunakan dalam sistem penangkap energi, sehingga mesin akan mengurangi penggunaan bahan bakar hidrokarbon seperti diesel. (fmh)


Sumber : http://techno.okezone.com/read/2013/04/16/56/792339/ilmuwan-bikin-material-baru-superkapasitor-inovatif

0 Responses to "Ilmuwan Bikin Material Baru 'Superkapasitor' Inovatif"

Post a Comment