Hewan dengan Penglihatan Paling Tajam di Dunia

Author: Shconer Design // Category:
detail berita
(Foto: Howitworksdaily)

WASHINGTON - Burung pemangsa memiliki ketajaman visual terbesar dari semua hewan yang ada di Bumi. Ahli zoologi percaya, elang yang merupakan burung pemangsa mempunyai kemampuan penglihatan 8 kali lipat lebih tajam dari mata manusia.

Dilansir Howitworksdaily, Rabu (3/4/2013), menurut ilmuwan, retina elang memiliki sekira 1 juta sel sensorik per milimeter persegi, yakni lima kali lipat dari sel sensorik yang dimiliki mata manusia. Dengan kemampuan ini, elang bisa memantau pergerakan mangsanya yang berada di jarak hingga 1,5 kilometer.

Selain elang, hewan lain yang memiliki kemampuan dalam hal persepsi spektrum cahaya, bukan dari ketajaman ialah jenis udang mantis. Hewan ini memiliki kemampuan melihat 11 atau 12 warna primer.

Selain itu, udang juga dapat melihat sinar ultraviolet serta inframerah. Kemampuan lain yang dimiliki hewan krustasea ini ialah mampu melihat cahaya dengan polarisasi linear dan melingkar.

Wikipedia menerangkan, elang merupakan salah satu dari hewan yang terdapat di seluruh Indonesia. Elang merujuk pada burung pemangsa berukuran besar dari suku Accipitridae terutama genus Aquila.

Elang adalah hewan berdarah panas, mempunyai sayap dan tubuh yang diselubungi bulu pelepah. Sebagai burung, elang berkembang biak dengan cara bertelur yang mempunyai cangkang keras di dalam sarang yang dibuatnya.

Elang merupakan hewan pemangsa. Makanan utamanya hewan mamalia kecil seperti tikus, tupai, kadal, ikan dan ayam, juga jenis-jenis serangga tergantung ukuran tubuhnya. (fmh)


Sumber : http://techno.okezone.com/read/2013/04/03/56/785735/hewan-dengan-penglihatan-paling-tajam-di-dunia

0 Responses to "Hewan dengan Penglihatan Paling Tajam di Dunia"

Post a Comment