Atasi Ledakan Internet, HP Luncurkan Server Moonshot

Author: Shconer Design // Category:
detail berita
HP (Foto: Reuters)

JAKARTA - Hewlett-Packard (HP) Indonesia meluncurkan kelas server terbaru yaitu HP Moonshot untuk mengatasi isu data center, termasuk ledakan penggunaan internet. Infrastruktur baru ini diklaim lebih efektif mengatasi ledakan penggunaan internet dibandingkan server tradisional.

Penggunaan internet yang didorong maraknya  media sosial, cloud, mobile, dan tren big data, mengakibatkan berbagai tantangan Teknologi Informasi (TI). HP memprediksi bahwa pada 2020, akan ada 30 miliar perangkat yang terkoneksi, 40GB miliar data, dan 10 juta aplikasi mobile.

Untuk itu, keberadaan server yang lebih hemat baik dari sisi ukuran, biaya, dan energi, dibutuhkan untuk mengatasi tantangan dari ledakan penggunaan internet tersebut. Server Moonshot yang berbentuk cartridge dengan Sistem on Chip (SoC), serta bisa didesain sesuai kebutuhan ini, diklaim 89 persen lebih hemat energi, 80 persen lebih hemat ruang penyimpanan, dan 77 persen lebih hemat biaya dibandingkan server tradisional.

"Dengan berbentuk cartridge, dalam satu chassis terdapat 45 server. Artinya 1 rak server dengan 10 chassis bisa ada 450 cartridge, sehingga bisa lebih hemat dibandingkan dengan server tradisional,” jelas Category Manager, Industri Standart Server and Software (ISS) HP Indonesia Hotland Tambunan di Oakwood Premier Cozmo, Jakarta, Rabu (24/4/2013).
 
Server untuk medium enterprise dengan kebutuhan web hosting tinggi, termasuk untuk sektor analisis dan telekomunikasi ini, terdiri dari rangkaian server HP Moonshot 1500 dan HP ProLiant Moonshot. Server-server tersebut menawarkan prosesor dari mitra-mitra HP dengan target beban kerja berbeda.
 
“Kami bekerjasama dengan berbagai pihak untuk melakukan research dan development untuk cartridge-cartridge baru yang akan kami luncurkan. Dari mitra teknologi kami, saat ini baru prosesor Intel yang digunakan,” kata Hotland.
 
Moonshot, kata Hotland, tidak akan menggantikan server-server HP yang telah ada sebelumnya. Sebaliknya, sistem server terbaru ini akan melengkapi protofolio perusahaan tersebut. “Moonshot tidak menggantikan server-server kami yang existing, tapi akan menjadi pelengkap portofolio kami. Server cartridge ini didesain untuk kebutuhan tertentu, tapi server kami yang existing lebih untuk kebutuhan umum,” jelasnya.
 
HP Moonshot telah tersedia di Amerika Serikat (AS) dan Kanada, serta akan segera di Eropa, Asia, dan Amerika Latin pada Mei 2013. Harga server ini dimulai dari USD61.875 dengan pemesanan minimal untuk 45 cartridge.
(adl)


Sumber : http://techno.okezone.com/read/2013/04/24/324/797041/atasi-ledakan-internet-hp-luncurkan-server-moonshot

0 Responses to "Atasi Ledakan Internet, HP Luncurkan Server Moonshot"

Post a Comment