Artefak Hiasan Emas Kuno Ini Berusia 4000 Tahun

Author: Shconer Design // Category:
detail berita
(Foto: Independent)

LONDON - Arkeolog menggali di dekat Royal Borough, Inggris, menemukan kerangka manusia berusia lebih dari 4000 tahun. Kerangka yang diduga merupakan wanita dari keluarga penguasa lokal tersebut menggunakan perhiasan emas kuno.

Dilansir Independent, Senin (22/4/2013), temuan ini menunjukkan bahwa kerangka wanita ini merupakan wanita paling awal yang dihiasi dengan emas. Kerangka diyakini berusia sekira 40 tahun ketika ia dikuburkan.

Kerangka wanita ini ditemukan menggunakan hiasan kalung dengan gulungan emas serta manik-manik. Kabarnya, usia kematiannya hanya sekira satu atau dua abad setelah konstruksi situs Stonehenge yang berjarak 60 mil dari lokasi penguburan.

Arkeolog Gareth Chaffey dari Wessex Archaeology percaya bahwa wanita ini pernah berkuasa. Diduga wanita tersebut berasal dari keluarga penguasa atau seorang ratu.

Ritual dalam pemakaman kuno di zaman prasejarah pada keluarga raja diyakini melibatkan proses dan tata cara tertentu sebelum penguburan. Ditemukan bahwa kerangka wanita ini, selain menggunakan hiasan dari emas kuno, juga menggenggam sebuah tembikar di tangannya.

Tembikar ini memiliki tinggi 25 centimeter dan dihias dengan pola geometris. "Ia mungkin orang penting di masyarakat. Mungkin ia memegang kedudukan yang membuatnya bisa mengakses fasilitas mewah, barang langka dan eksotis," tutur Gareth.

Lebih lanjut ia mengatakan, kemungkinan wanita ini merupakan pemimpin atau orang yang memiliki kekuasaan serta otoritas. "Atau mungkin bagian dari keluarga elit, seorang putri atau ratu," tambahnya. (fmh)


Sumber : http://techno.okezone.com/read/2013/04/22/56/795369/artefak-hiasan-emas-kuno-ini-berusia-4000-tahun

0 Responses to "Artefak Hiasan Emas Kuno Ini Berusia 4000 Tahun"

Post a Comment