Apple Tambahkan Rating Umur untuk Setiap Aplikasinya

Author: Shconer Design // Category:
detail berita
Rating umur dan penjelasan yang diberikan Apple (Foto: AppleInsider)

CALIFORNIA – Apple membuat rating aplikasi yang direkomendasikan sesuai dengan umur bagi siapa saja yang akan men-download di App Store. Perusahaan asal Cupertino ini menambahkan kotak kecil berisi informasi yang terletak tepat di bawah kredit judul pengembang aplikasi.

Dikutip AppleInsider, Kamis (4/4/2013), hal ini dilakukan Apple menanggapi banyaknya kekhawatiran orangtua atas konten aplikasi terutama game yang di-download anak-anaknya.

Sedikit kilas balik pada awal tahun ini, menampilkan aplikasi berbagi video, Vine App yang menampilkan konten pornografi hardcore sebagai salah satu pilihan Editor (App Store Editor’s Choice).  Kejadian itu membuat App Store mencabut aplikasi berbagi foto populer yang memuat gambar telanjang.

Meskipun demikian saat ini Vine kembali hadir di App Store, namun diberi rating umur 17+ yang artinya termasuk dalam konten dewasa.

Tak hanya itu, beberapa waktu lalu, Apple juga menghadapi  gugatan sekelompok orangtua yang mengklaim toko aplikasi milik perusahaan asal Amerika tersebut, tidak memiliki kebijakan pembelian aplikasi yang memadai.

Sehingga, banyak anak-anak yang terlalu mudah menghabiskan uang ratusan bahkan ribuan dollar untuk membeli aplikasi game. Menanggapi hal ini, saat itu Apple setuju mengganti rugi uang sesuai gugatan mereka.

Hal-hal inilah yang mendorong Apple untuk kemudian menambahkan baris teks pada halaman download, “Freemium” Apps. Menariknya, perubahan ini hanya dapat dilihat iOS App Store versi desktop saja.
(amr)


Sumber : http://techno.okezone.com/read/2013/04/04/325/786216/apple-tambahkan-rating-umur-untuk-setiap-aplikasinya

0 Responses to "Apple Tambahkan Rating Umur untuk Setiap Aplikasinya"

Post a Comment