Apa Lensa yang Cocok untuk Pemotretan Wedding?

Author: Shconer Design // Category:
Jakarta - Saya punya Canon Kiss x4 dengan lensa (EF-S 18-55 IS), saya mau tanya?

1. Kira-kira lensa apa yang cocok saya gunakan untuk pemotretan wedding (acara nikah)?
2. Apakah lensa yang saya miliki sudah cukup?
3. Lensa tele apa yang cocok untuk saya gunakan, apa merek canon atau thamron dan lainnya

(Muhammad Sami, Pria, 22th)


Jawaban:

Ini salah satu pertanyaan yang open-ended dalam arti jawabannya akan sangat beragam tergantung dari banyak faktor seperti harapan klien, kualitas foto yang ingin dihasilkan, pengalaman dan gaya fotografer.

Ada teman-teman saya yang hanya mengunakan kamera Canon Kiss X4 dan lensa 18-55mm IS untuk memotret wedding setiap akhir minggu, ada juga fotografer wedding lainnya yang mengunakan kamera dan lensa bernilai ratusan juta rupiah.

Tapi saya akan bagikan sedikit pengalaman saya tentang hal ini.

Lensa yang cocok untuk wedding menurut saya adalah lensa zoom yang berbukaan besar karena lensa zoom memberikan keleluasaan saat memotret. Selain itu, lensa zoom berbukaan besar akan praktis digunakan saat memotret dengan cahaya yang cukup gelap.

Spesifiknya, saran saya adalah lensa Canon EF-S 17-55mm f/2.8 IS USM. Kualitas lensa ini diatas 18-55mm dan memiliki bukaan konstan yang besar (f/2.8), sehingga memudahkan saya untuk membuat latar belakang blur. Saya bisa memotret keseluruhan wedding hanya dengan lensa ini.

Lensa tambahan yang cukup berguna yaitu lensa telefoto zoom seperti Canon EF 70-200mm f/2.8 (idealnya dengan Image Stabilization/IS). Lensa semacam ini cocok untuk mengambil foto dari jarak jauh seperti portrait atau ekspresi pengantin, atau saat menukar cincin.

Jika dana mencukupi, sebaiknya mengunakan lensa yang semerek dengan kamera supaya kompatibilitas dan autofokusnya berjalan dengan baik. Jika dana terbatas, alternatif dari merek lain seperti Tamron dan Sigma boleh dipertimbangkan.

Beberapa tahun terakhir, banyak lensa berkualitas dari Tamron dan Sigma yang berkualitas tinggi dengan harga yang lebih terjangkau. Contohnya Tamron 70-200mm f/2.8 USD VC atau Sigma 70-200mm f/2.8 HSM OS. Jangan lupa dengan lampu kilat yang sangat berguna untuk membantu pencahayaan yang gelap di dalam ruangan.

Semoga sharing ini dapat membantu,

Enche


(sha/ash)
Enche Tjin Enche Tjin mengenal fotografi sejak tahun 1998 saat menuntut ilmu di jurusan Desain Komunikasi Visual. Di tahun 2007, ia beralih ke fotografi digital. Enche aktif di dalam menulis buku, blog, artikel untuk media massa, dan menyelenggarakan kursus kilat serta tur fotografi. Enche juga menerima jasa fotografi terutama event dan portrait. Website: infofotografi.com, Twitter: @infofotografi.



Sumber : http://inet.detik.com/read/2013/04/10/111536/2216352/1353/apa-lensa-yang-cocok-untuk-pemotretan-wedding

0 Responses to "Apa Lensa yang Cocok untuk Pemotretan Wedding?"

Post a Comment