Wah, Gerakan Bibir Monyet Ini Mirip Manusia

Author: Shconer Design // Category:
detail berita
Monyet gelada (Foto: RedOrbit)

MICHIGAN – Sebuah studi baru menemukan bahwa spesies monyet gelada memiliki vokalisasi dan gerakan bibir mirip dengan ucapan manusia. Peneliti mengatakan, penemuan ini menunjukkan bahwa vokalisasi dan gerakan bibir ini dapat menjadi langkah awal dalam evolusi suara manusia.

Diantara banyaknya primata yang menunjukkan perilaku mirip manusia, namun spesies monyet gelada satu-satunya yang dikenal untuk membuat suara bergelombang atau bergetar di waktu yang bersamaan. Demikian dikutip NBCnews, Selasa (9/4/2013).

“Temuan kami menunjukkan adanya keterkaitan antara vokalisasi dan gerakan bibir pada gelada dengan manusia saat berbicara. Hal ini menunjukkan bahwa primata dapat menghasilkan suara seperti manusia saat berpidato lewat gerakan bibirnya,” ujar peneliti dari University of Michigan, Thore Bergman dalam tulisannya yang dipublikasikan di jurnal Current Biology.

Bergman pertama kali menyadari kesamaan ini saat mempelajari perilaku gelada di pegunungan terpencil di Ethiopia, Afrika. Mulanya ia sering mendengar vokalisasi yang terdengar seperti suara manusia, namun saat ia mencari sumber suara tersebut rupanya dari seekor gelada.

Dalam rangka menelusuri penemuan ini, Bergman menganalisis rekaman getaran suara para gelada. Hasilnya, ia menemukan bahwa ritme getaran suaranya mirip dengan suara manusia. Gerakan bibirnya memiliki kesamaan dengan gerakan mulut manusia saat berpidato.

“Temuan ini menunjukkan vokalisasi gerakan bibir merupakan salah satu jalur yang memungkinkan kita untuk mengetahui adanya evolusi dalam berpidato,” lanjutnya.

Menurut Wikipedia, Gelada (Theropithecus Gelada) kadang-kadang disebut juga babon gelada adalah salah satu spesies monyet tertua di dunia. Mereka hanya ditemukan di dataran tinggi Ethiopia.

Gelada dewasa menggunakan beragam perbendaharaan vokalisasi yang berbeda dalam berkomunikasi dengan sesamanya, seperti kontak fisik, ajakan, ambivalensi, agresi, penenangan, dan pertahanan. Mereka akan menunjukkan ancaman kepada sesamanya dengan membalik bibir bagian atas untuk memperlihatkan gigi dan gusinya.

Klik link ini untuk melihat seperti apa vokalisasi dan gerakan bibir monyet gelada. (amr)


Sumber : http://techno.okezone.com/read/2013/04/09/56/788514/wah-gerakan-bibir-monyet-ini-mirip-manusia

Lihat Juga Halaman Berikut:

0 Responses to "Wah, Gerakan Bibir Monyet Ini Mirip Manusia"

Post a Comment