Uji Coba Penerbangan Roket Antares Pertama

Author: Shconer Design // Category:
detail berita
(Foto: Discovery)

CALIFORNIA - Roket Antares akhirnya diterbangkan setelah mengalami penundaan beberapa hari lalu. Roket milik Orbital Sciences Corp ini meluncur pada Minggu (21/4) dari Wallops Islands, Virginia menuju International Space Station (ISS).

Dilansir Discovery, Senin (22/4/2013), roket Antares, salah satu dari dua roket yang dikembangkan dengan dukungan NASA ini menerbangkan kapsul kargo ke ISS. Uji coba ini dilakukan untuk mengirimkan pesawat luar angkasa tiruan ke dalam orbit.

Beberapa hari lalu roket ini ditunda penerbangannya dari Virginia, lantaran cuaca buruk serta masalah teknis pada minggu lalu. Penerbangan roket Antares dilakukan pada pukul 5 p.m waktu setempat dari Wallops Flight Facility.

Peluncuran roket ini diabadikan dalam sebuah kamera onboard yang menunjukkan roket didorong oleh pilar api terang di atas Samudera Atlantik. Roket ini menuju orbit setinggi 158 mil di atas Bumi.

Roket Antares membawa kapsul Cygnus tiruan berbobot 4 ton dan mengirimkannya ke dalam orbit. Tim pengendali misi Orbital Sciences mengungkapkan rasa gembira atas kesuksesan peluncuran roket mereka.

Tim akan meluncurkan kembali uji coba penerbangan roket berikutnya pada akhir Juni atau Juli. NASA mempekerjakan Orbital Sciences dan Space Exploration Technologies (SpaceX) untuk menerbangkan kargo ke ISS karena pensiunnya pesawat ulang-alik NASA pada 2011. (fmh)


Sumber : http://techno.okezone.com/read/2013/04/22/56/795546/uji-coba-penerbangan-roket-antares-pertama

0 Responses to "Uji Coba Penerbangan Roket Antares Pertama"

Post a Comment