Soal Facebook Home di iPhone, Zuckerberg: Cinta Tak Harus Memaksakan

Author: Shconer Design // Category:

Mark Zuckerberg saat memperkenalkan Facebook Home (ist)
California, AS - Betapapun Mark Zuckerberg sangat mencintai iPhone kesayangannya, namun itu bukan berarti ia bisa memaksakan diri agar Facebook Home menjadi beranda di smartphone besutan Apple tersebut.

"Ya, aku sangat mencintai iPhone-ku. Begitupun dengan banyak orang lainnya, mereka juga mencintai iPhone," demikian tutur pendiri sekaligus frontman dari jejaring sosial nomor satu di muka bumi ini saat kembali ditanya kemungkinan soal Facebook Home di iPhone.

Seperti detikINET kutip dari rangkuman wawancara Zuckerberg dengan sejumlah media usai peluncuran Facebook Home, Minggu (7/4/2013), Zuckerberg sendiri belum bisa memastikan kapan aplikasi teranyar ini bisa didorong jadi tampilan 'home' di iOS.

Sang jenius muda ini juga tak mau berandai-andai tentang kemungkinan dalam beberapa tahun ke depan. "Meskipun aku akan sangat menyukai jika ada Facebook Home di iPhone-ku nantinya," begitu katanya.

Ia pun sekali lagi menegaskan bahwa ada perbedaan prinsip kebijakan antara Android dan iOS milik Apple. Android lebih dipilih sebagai 'rumah' untuk Facebook karena sifat keterbukaannya yang tak harus ditorehkan dalam perjanjian kerja sama.

Android, lanjutnya, tak seperti iOS yang harus dikontrol penuh oleh Apple demi memastikan pengalaman setiap penggunanya. Kebebasan ini yang tak ada di Apple dan membuatnya sangsi bisa memaksakan Facebook Home di iPhone.

Tak hadirnya Facebook Home di iPhone sempat menjadi salah satu pertanyaan terbesar mengingat kedekatan antar kedua pucuk pimpinan perusahaan teknologi ternama ini. Semua orang tahu betapa Zuckerberg dan mendiang Steve Jobs, mantan pendiri dan CEO Apple, punya hubungan kekerabatan yang baik.

Keduanya saling mengagumi. Hubungan ini mengingatkan juga bahwa Jobs pernah sangat dekat dengan Bill Gates, pendiri Microsoft, meskipun hubungan keduanya kerap pasang surut.

Namun sekali lagi, bisnis adalah bisnis. Itu prinsip yang tak bisa diutak-utik meski melibatkan pertemanan yang sangat dekat. Setidaknya demikian yang ditegaskan Zuckerberg secara diplomatis.

"Kami punya hubungan yang sangat hebat dengan Apple. Kami memiliki integrasi ke iOS, kami telah bekerja dengan mereka sebelumnya. Dengan Apple, segala sesuatu yang Anda ingin lakukan berjalan melalui mereka. Dengan Android, itu tidak perlu," pungkasnya.


( rou / rou )

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!
Sumber : http://inet.detik.com/read/2013/04/07/124049/2213492/398/soal-facebook-home-di-iphone-zuckerberg-cinta-tak-harus-memaksakan

0 Responses to "Soal Facebook Home di iPhone, Zuckerberg: Cinta Tak Harus Memaksakan"

Post a Comment