Satelit Ini Bantu Selamatkan Nyawa Manusia

Author: Shconer Design // Category:
detail berita
Ilustrasi (Foto: Worldbank)

CALIFORNIA - Satelit pemantau Bumi (Earth observation satellite) yang dilengkapi dengan kamera atau radar, bisa difungsikan sebagai satelit orbit untuk misi penelitian dan komersial. Selain bertugas untuk misi penelitian, satelit yang dioperasikan European Space Agency (ESA) ini bisa digunakan untuk peringatan bencana alam.

Dengan demikian, apabila terdapat bencana seperti banjir atau menentukan lokasi yang aman untuk mengungsi, satelit akan memberikan gambar beresolusi tinggi yang dimanfaatkan oleh para tim penolong untuk terjun ke lokasi bencana. Di bawah persetujuan internasional, satelit bisa mendukung untuk pekerjaan kemanusiaan.

Satelit ditugaskan untuk terbang di atas zona bencana. Satelit juga kabarnya akan berkolaborasi dengan organisasi nasional atau 14 lembaga antariksa, yang memiliki sejumlah satelit.

Satelit tersebut termasuk SPOT dari Prancis hingga satelit Landsat dari Amerika Serikat. Kerjasama ini di bawah perjanjian International Charter Space and Major Disasters.

Ketika bencana alam menyerang, sistem yang dioperasikan akan dapat menghubungi European Space Agency (ESA), di mana teknisi luar angkasa akan mulai bekerja. "Kami pilih satelit sesuai dengan apa yang dibutuhkan, seperti visual atau gambar radar. Ini akan ditentukan oleh jenis bencana," tutur Catherine Proy dari National Centre for Space Studies (CNES) Prancis, seperti dikutip Phys, Rabu (3/4/2013).

Wikipedia menerangkan, Earth observation satellite merupakan satelit yang dirancang khusus untuk mengobservasi Bumi dari orbit di luar angkasa. Mirip satelit mata-mata, namun satelit ini dikhususkan untuk penggunaan non-militer seperti memonitor lingkungan serta membuat peta jalan di Bumi. Satelit membawa instrumen yang bisa dioperasikan pada ketinggian yang relatif rendah. (fmh)


Sumber : http://techno.okezone.com/read/2013/04/03/56/785754/satelit-ini-bantu-selamatkan-nyawa-manusia

0 Responses to "Satelit Ini Bantu Selamatkan Nyawa Manusia"

Post a Comment