Robot Ini Bantu Arkeolog Menjelajah Situs di Meksiko

Author: Shconer Design // Category:
detail berita
(Foto: Nbcnews)

MEXICO CITY - Robot tidak hanya diciptakan untuk digunakan dalam bidang industri atau menjelajah luar angkasa. Terkini, arkeolog di situs Meksiko terbantukan dengan robot mirip tank kecil dengan panjang sekira 1 meter.

Dilansir Nbcnews, Selasa (23/4/2013), sebuah robot kecil membantu peneliti membuat penemuan besar selama tes awal yang dilakukan di sebuah terowongan berjalan. Lokasi terowongan ini di bawah Kuil Quetzalcoatl di situs arkeologi Teotihuacan.

Tim diharapkan menemukan satu ruangan di bagian terakhir dari terowongan. Namun, dengan bantuan robot, arkeolog berhasil menemukan tiga ruangan tersembunyi.

Tim yang dipimpin arkeolog Sergio Gomez mengatakan, ruangan dalam terowongan ini diduga digunakan oleh penguasa Teotihuacan sekira 2 ribu tahun lalu. Ruangan ini dipercaya digunakan ketika upacara kerajaan atau penguburan.

Akan tetapi, arkeolog terkendala ketika menemukan bahwa lingkungan situs terdiri dari lumpur dan puing-puing yang belum dieksplorasi. Untuk itulah robot dengan nama Tlaloc II-TC ini dirancang untuk bisa bergerak melalui ruangan yang tidak bisa dimasuki oleh manusia.

Robot ini dilengkapi dengan kamera video serta lengan mekanik untuk menangani hambatan di sekitarnya. Robot ini merupakan generasi lanjutan setelah Tlaloc I, yang pernah digunakan pada 2010. (fmh)


Sumber : http://techno.okezone.com/read/2013/04/23/56/796223/robot-ini-bantu-arkeolog-menjelajah-situs-di-meksiko

0 Responses to "Robot Ini Bantu Arkeolog Menjelajah Situs di Meksiko"

Post a Comment