Penyu Langka Terbesar di Dunia Hilang dari Museum

Author: Shconer Design // Category:
detail berita
Penyu African leopard (Foto: WSBtv)

DUBUQUE – Seekor penyu African leopard dinyatakan hilang dari museum Iowa, Amerika Serikat (AS). Penyu yang diketahui merupakan terbesar ke empat di dunia ini memiliki ukuran panjang mencapai 18 inci atau sekira 460 milimeter dan beratnya 40 pound (sekira 18 kilogram).

Wikipedia menjelaskan Leopard tortoise (Stigmochelys pardalis) adalah penyu besar dan menarik yang ditemukan di daerah sabana Afrika Timur dan Selatan (dari Sudan ke Cape Selatan). Ini merupakan satu-satunya anggota genus Stigmochelys. Penyu African Leopard ini biasanya hidup 80 hingga 100 tahun.

Beruntung penyu langka itu, ditemukan hidup di dalam lift sebuah gedung. Dikutip dari AP, Jumat (5/4/2013), seorang pejabat di National Mississippi River Museum & Aquarium in Dubuque meyakini bahwa penyu yang bernama Cashew telah dicuri, namun pencuri diam-diam mengembalikan reptil laut ini seperti yang dilaporkan stasiun televisi lokal, KWWL-TV.

Pihak museum menceritakan seorang pengunjung menemukan Cashew di lantai lift gedung dalam keadaan baik-baik saja. Pejabat museum terus meninjau video keamanan CCTV gedung untuk mencari tau, apa yang yang terjadi dan siapa yang berusaha mencuri kura-kura seberat 18 pound atau sekira delapan kilogram ini.

Seperti diketahui, populasi penyu African leopard masih ada di daerah pedesaan, taman nasional, dan cagar alam. Namun, seringkali mereka dijadikan makanan pokok bagi banyak masyarakat lokal. Sehingga saat ini penyu ini dianggap rentan punah.
(amr)


Sumber : http://techno.okezone.com/read/2013/04/05/56/786893/penyu-langka-terbesar-di-dunia-hilang-dari-museum

0 Responses to "Penyu Langka Terbesar di Dunia Hilang dari Museum"

Post a Comment