Peneliti Temukan Ikan Berdarah Transparan

Author: Shconer Design // Category:
detail berita
(Foto: News-republic)

TOKYO - Tim peneliti di Jepang baru-baru ini menemukan ikan yang memiliki darah berwarna transparan. Ikan memiliki nama Ocellated Ice ini, umumnya hidup di perairan beku Samudera Antartika.

Dilansir, News-Republic, Senin (8/4/2013), tim peneliti dari Aquarium Tokyo Sea Life Park menyatakan bahwa ikan Ocellated Ice tidak memiliki hemoglobin. Sehingga ia termasuk salah satu jenis vertebrata dari kelompok unik yang ada di seluruh dunia.

Hemoglobin adalah sumber penghasil darah merah yang juga merupakan agen pembawa oksigen ke seluruh tubuh. Ikan ini merupakan satu-satunya pengecualian hewan vertebrata yang tidak memiliki hemoglobin, sehingga menyebabkan darahnya tidak berwarna merah melainkan transparan.

Ikan yang tidak memiliki sisik ini diyakini oleh tim peneliti bisa hidup tanpa hemoglobin karena memiliki hati yang besar dan menggunakan plasma darah yang mengedarkan oksigen ke seluruh tubuhnya. Selain itu, kulitnya juga dianggap mampu menyerap oksigen dari perairan Antartika sedalam 3.300 kaki atau sekira satu kilometer.

Salah seorang spesialis pendidikan di pusat akuarium tersebut, Satoshi Tada mengemukakan hingga saat ini masih banyak pihak yang belum banyak mengetahui informasi mengenai ikan Ocellated Ice ini. “Maish banyak penelitian yang harus dilakukan untuk menjawab setiap pertanyaan-pertanyaan seputar ikan ini,” ungkapnya.

Menurut Wikipedia, ikan Ocellated Ice termasuk dalam keluarga Channichthyidae yang biasa ditemukan di perairan es bertemperatur -1,9 derajat celcius di sekitar Antartika dan Amerika Selatan. Darahnya berwarna kuning karena tidak mengandung hemoglobin.

Adapun ikan ini dapat bertahan hidup tanpa hemoglobin dalam darahnya, karena mereka memiliki tingkat metabolisme yang rendah dan tingkat kelarutan oksigen yang tinggi dalam air suhu rendah di lingkungan mereka. (fmh)


Sumber : http://techno.okezone.com/read/2013/04/08/56/787948/peneliti-temukan-ikan-berdarah-transparan

Lihat Juga Halaman Berikut:

0 Responses to "Peneliti Temukan Ikan Berdarah Transparan"

Post a Comment