NASA Rayakan Ultah Satelit Komunikasi ke-30

Author: Shconer Design // Category:
detail berita
Satelit TDRS pertama (Foto: Redorbit)

CALIFORNIA - Badan antariksa asal Amerika Serikat, National Aeronautics and Space Administration (NASA) merayakan hari jadi satelit komunikasi pertamanya pada 4 April 2013. Satelit Tracking and Data Relay (TDRS-A) pertama ini pernah diluncurkan pada 4 April 1983.

Dilansir Redorbit, Jumat (5/4/2013), satelit komunikasi buatan NASA ini pernah diterbangkan ke luar angkasa sebagai bagian dari misi pesawat luar angkasa Challenger pada tiga dekade lalu. TDRS-A diorbitkan sehari setelah peluncuran pesawat ulang-alik, yang diluncurkan dari cargo bay Challenger.

Setelah 39 pengukuran sistem pembakaran, akhirnya satelit dapat diluncurkan dan mendapatkan orbit geosynchronous-nya di sekitar ekuator. Satelit ini diterbangkan dengan menempuh jarak lebih dari 22.000 mil di atas permukaan Bumi.

"Peluncuran satelit TDRS pertama pada 30 tahun lalu membuka sebuah era baru untuk komunikasi satelit," ujar Jeff Volosin dari Goddard Space Flight Center, NASA. Ia mengatakan, hari jadi ini merupakan penanda bahwa satelit berkontribusi pada kemajuan penelitian ilmiah dan membantu astronot.

Sebelum satelit diluncurkan, awalnya NASA hanya bergantung pada stasiun yang ada di Bumi, yang terletak diberbagai lokasi di seluruh dunia untuk melayani jaringan komunikasi. Secara optimal, jaringan tersebut bisa mendukung sekira 15 persen dari orbit pesawat luar angkasa selama penerbangan Mercury, Gemini dan Apollo.

Menurut NASA, TDRS-A dikirimkan ke Kennedy Space Center NASA di Florida pada 14 November 1982. Pada masanya, satelit ini merupakan yang terbesar dan menjadi satelit paling canggih dengan berat sekira 2,2 ton.

"Tiga puluh tahun setelah peluncuran pertama, jaringan TDRS menjadi jalur komunikasi penting NASA dengan kemampuan untuk mendukung pekerjaan berkelanjutan. Pekerjaan tersebut untuk memahami planet dan misi luar angkasa lainnya," pungkas NASA. (fmh)


Sumber : http://techno.okezone.com/read/2013/04/05/56/786882/nasa-rayakan-ultah-satelit-komunikasi-ke-30

0 Responses to "NASA Rayakan Ultah Satelit Komunikasi ke-30"

Post a Comment