Indosat Bantah Kabel FO Putus di Kalimantan Timur

Author: Shconer Design // Category:
Tana Tidung, Kalimantan Timur - Gangguan layanan data yang sempat mendera pelanggan Indosat di wilayah utara Kalimantan Timur, dibantah Indosat terjadi lantaran kabel fiber optik yang putus. Lantas?

Menurut Adrian Prasanto, Head of Corporate Communication Indosat, gangguan terjadi akibat backbone microwave yang dipakai Indosat tumbang gara-gara genset rusak.

"Bukan FO (fiber optik) yang putus namun backbone microwave yang down karena genset yang rusak. Kenapa pakai genset karena listrik PLN belum stabil," jelasnya kepada detikINET, Selasa (23/4/2013).

Namun gangguan yang terjadi diyakini Pras hanya berlangsung kurang dari sehari dan hanya layanan data saja yang tidak bisa dipakai.

"Karena untuk layanan voice dan SMS ada backup berupa link dari Telkom Balikpapan," Pras menandaskan.

Sebelumnya, pengguna layanan data Indosat di wilayah utara Kalimantan Timur dilaporkan terganggu saat coba internetan pada hari Senin (22/4/2013).

Pengamatan detikINET di Tideng Pale, Kabupaten Tana Tidung, utara Kalimantan Timur sejak Senin (22/4/2013) kemarin sekitar pukul 09.00 WITA hingga Selasa (23/4/2013) pagi hari, di perangkat BlackBerry, indikator koneksi data di pojok kanan bagian layar tertulis status 'GSM'.

"Iya, sampai hari ini BlackBerry saya status GSM sejak Senin (22/4/2013) kemarin. Saya sudah lakukan hard restart (cabut baterai), pilih jaringan manual, tapi tetap GSM. Artinya, ini jaringan Indosat yang sedang bermasalah," kata salah seorang warga Bulungan, Hidayat, saat dihubungi detikINET, Selasa (23/4/2013).

Gangguan panggilan suara juga sempat terjadi malam tadi. Beberapa panggilan keluar ke sesama pengguna Indosat, juga gagal tersambung ke nomor yang dituju.

Meski begitu, untuk menerima panggilan suara, tidak menemui masalah. Sedangkan untuk layanan Short Message Service (SMS) atau pesan singkat, juga tidak menemui kendala.

Area Manager Indosat Tarakan Natas saat dikonfirmasi detikINET, membenarkan gangguan layanan yang terjadi. Menurutnya, itu terjadi menyusul putusnya kabel fiber optik yang berada di ruas jalan Kabupaten Kutai Timur menuju Kabupaten Berau.

"Iya, kabel FO kita putus di ruas jalan Sangatta (Kabupaten Kutai Timur) menuju Berau. Tim network masih berada di lapangan untuk melakukan perbaikan," katanya.

Natas mengatakan, putusnya kabel FO itu menyebabkan layanan data tidak bisa digunakan bagi pelanggan Indosat yang berada di utara Kalimantan Timur seperti antara lain di Kabupaten Berau, Kabupaten Bulungan, Kabupaten Malinau hingga di Kabupaten Tana Tidung.

"Layanan data tidak bisa digunakan untuk pelanggan wilayah Berau ke atas (wilayah utara Kalimantan Timur). Kami meminta maaf dan tim masih bekerja keras di lapangan untuk memperbaiki," lanjutnya.

Meski begitu, sekitar pukul 07.45 WITA pagi ini, layanan data sudah mulai normal kembali, di Tideng Pale. Seperti di gadget BlackBerry, usai berstatus 'GSM' nyaris 24 jam, kini berada di posisi 'EDGE'.


(ash/fyk)
Sumber : http://inet.detik.com/read/2013/04/23/175927/2228470/328/indosat-bantah-kabel-fo-putus-di-kalimantan-timur

0 Responses to "Indosat Bantah Kabel FO Putus di Kalimantan Timur"

Post a Comment