"Google China" Buka Kantor Dekat Markas Google

Author: Shconer Design // Category:
Halaman belakang kantor Google di Mountain View
Halaman belakang kantor Google di Mountain View (eoffice.net)
VIVAnews - Google kedatangan tetangga baru. Ya, sekitar enam kilometer dari markas pusat Google di Mountain View, California, perusahaan mesin pencarian asal China, Baidu, membuka kantor barunya.

Kantor sekaligus pusat laboratorium Baidu itu disebut Institute of Deep Learning (IDL). Pada laboratorium ini, Baidu akan membangun komputer yang mensimulasikan otak manusia, bahkan dapat berpikir dan belajar seperti halnya manusia.

Kepala tim riset Baidu, Kai Yu memaparkan alasan sederhana kenapa perusahaanya memilih berkantor di Cupertino. "Ini upaya untuk menjaga insinyur bertalenta dari bidikan Google," ungkapnya.

"Di Silicon Valley, Anda mempunyai akses untuk menemukan bakat-bakat besar, insinyur dan ilmuwan top yang sesungguhnya. Dan, Google sedang menikmati keberuntungan itu," kata Yu.

Dilansir Business Insider, 15 April 2013, ambisi Baidu bukannya tidak dipikirkan oleh perusahaan raksasa seperti Google. Sekitar lima bulan lalu, raksasa mesin pencari Internet terbesar itu pun dilaporkan menggandeng Ray Kurzweil, seorang futuris dan inventor ternama dunia, sebagai direktur teknik.

"Kami ingin menciptakan komputer yang memiliki kemampuan memahami bahasa manusia," kata Kurzweil dalam sebuah wawancara dengan Singularity Hub, sebuah blog artificial intelligence dan teknologi robot.

Dalam beberapa waktu terakhir, Baidu memang diketahui mengembangkan proyek yang sama dengan Google. Bulan lalu, Baidu dikabarkan mengembangkan perangkat wearable, mirip Google Glass, yang dinamakannya Baidu Eye.

Pada November tahun lalu, perusahaan China ini juga merilis layanan pencarian berbasis suara, yang diklaimnya dapat mengurangi kesalahan sekitar 30 persen.

Kini, Baidu benar-benar akan membayang-bayangi Google. Hampir semua jejak Google ditapaki. Hingga suatu hari nanti, Baidu benar-benar berada berdiri di "halaman belakang" kantornya. (eh)

Sumber : http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/405311--google-china--buka-kantor-dekat-markas-google

0 Responses to ""Google China" Buka Kantor Dekat Markas Google"

Post a Comment