Gen Pohon Tulip Bertahan dari Zaman Dinosaurus

Author: Shconer Design // Category:
detail berita
(Foto: BBC)

WASHINGTON - Data genetik dalam pohon tulip masih bisa bertahan dan tidak berubah sejak zaman dinosaurus. Studi yang dilakukan peneliti asal Amerika Serikat ini bisa menunjukkan evolusi tanaman sejak ratusan juta tahun lalu.

Dilansir BBC, Rabu (17/4/2013), perubahan spesies gen tanamana kabarnya terjadi 2.000 kali lebih lambat ketimbang pada gen manusia. Menurut peneliti, gen yang dapat bertahan dalam waktu lama ini menjadikannya fosil molekuler.

Temuan yang dilaporkan dalam jurnal BMC Biology ini juga berupaya mengungkap informasi baru mengenai evolusi tanaman berbunga. Tim peneliti dari Universities of Indiana dan Arkansas mengurutkan gen mitokondria (salah satu bagian yang terdapat di dalam sel) dari spesies Liriodendron tulipifera.

Mereka menemukan bahwa pengurutan ini menunjukkan bahwa banyak gen yang telah hilang selama 200 juta tahun dari evolusi tanaman berbunga (angiosperma) yang telah diawetkan. "Berdasarkan hal ini, tampak bahwa gen telah lebih atau kurang membeku dalam waktu jutaan tahun," jelas peneliti Jeffrey Palmer.

Mitokondria umumnya ditemukan dalam sel organisme dan bertugas menghasilkan tenaga. Mitokondria juga mengubah pangan menjadi energi kimia yang digunakan oleh organisme.

Profesor Ian Small dari University of Western Australia mengatakan, banyak perbedaan antara data genetik angiosperma yang diperoleh dari pengurutan gen mitokondria. Ia menambahkan, penelitian ini bisa berfungsi sebagai "jendela" yang sangat berguna untuk melihat ke masa lalu. (fmh)


Sumber : http://techno.okezone.com/read/2013/04/17/56/792923/gen-pohon-tulip-bertahan-dari-zaman-dinosaurus

0 Responses to "Gen Pohon Tulip Bertahan dari Zaman Dinosaurus"

Post a Comment