Foxconn Setor Royalti ke Microsoft

Author: Shconer Design // Category:
Washington - Microsoft menandatangani kesepakatan lisensi dengan Hon Hai, perusahaan induk Foxconn. Menariknya, kesepakatan lisensi ini meliputi perangkat yang menggunakan sistem operasi (OS) dan Android.

Tak dijelaskan secara detail mengenai poin kesepakatan ini. Namun yang pasti, seperti dikutip dari PC World, Rabu (17/4/2013), Foxconn akan membayar royalti ke raksasa software tersebut.

Foxconn adalah manufaktur terbaru yang menandatangani program lisensi paten Android dan Chrome dengan Microsoft. Bagi yang belum tahu, mungkin akan heran mendengar Microsoft melisensi paten Android dan Chrome.

Seperti diketahui, kedua produk tersebut dikelola oleh Google. Nyatanya, Microsoft mengklaim memegang banyak paten yang berkaitan langsung dengan teknologi yang digunakan di sistem operasi Android dan browser Chrome.

Tak heran, perusahaan yang berpusat di Washington, Amerika Serikat ini mendulang ratusan juta dolar setiap tahunnya dari 'setoran' kesepakatan lisensi dengan berbagai vendor. Bahkan Microsoft disebut-sebut lebih kaya dari Android.

Sebelumnya, Microsoft juga menuntut sejumlah vendor perangkat Android dengan tudingan pelanggaran paten. Perusahaan tersebut antara lain perusahaan teknologi asal Taiwan Compal, Wistron, dan Pegatron, serta pembesut tablet dan smartphone Samsung, HTC, dan Acer.

Sejak 2003, Microsoft 'menggaet' lebih dari 1.100 kesepakatan lisensi dengan banyak perusahaan. Foxconn sendiri dikenal sebagai perakit gadget Apple. Namun perusahaan ini juga merakit tablet untuk Amazon dan handset Nokia, Motorola dan Huawei.


(rns/ash)
Sumber : http://inet.detik.com/read/2013/04/17/152429/2222841/319/foxconn-setor-royalti-ke-microsoft

0 Responses to "Foxconn Setor Royalti ke Microsoft"

Post a Comment